get app
inews
Aa Read Next : Pemuda di Semarang Jadi Korban Penipuan Pinjol Pakai Data Korban, Uang Belasan Juta Amblas

Wow, Tahun 2022 Warga Jakarta Catatkan Rekor Jadi Nasabah Pinjol Terbanyak

Rabu, 01 Februari 2023 | 22:47 WIB
header img
Warga Jakarta Paling Banyak Gunakan Pinjol Foto: Pinterest

SEMARANG, iNewsSemarang.id - DKI Jakarta diketahui menempati posisi teratas sebagai kota dengan nasabah pinjaman online (pinjol) tertinggi pada tahun 2022. Hingga Desember 2022 lalu pinjaman warga Jakarta ke pinjol mencapai Rp5,02 triliun. 

Data diatas didapatkan setelah Otoritas Jasa Keuangan merilis data statistik jumlah penyaluran fintech lending atau pinjaman online (pinjol) tertinggi tahun 2022.

Sementara itu, ada Jawa Barat yang menempati posisi kedua tertinggi dengan jumlah penyaluran dana pinjol sebesar Rp4,07 triliun atau 24,23% dari total penyaluran dana pinjol di Indonesia. Disusul dengan Jawa Timur dengan pinjaman online sebesar Rp2,5 triliun. 

Kemudian ada Banten mencapai Rp2,5 triliun, disusul Jawa Tengah sebesar Rp1,7 triliun dan Sumatera Utara sebesar Rp1,4 triliun.

OJK menjelaskan alasan masyarakat lebih memilih memakai penjaman online daripada pinjaman konvensional dikarenakan proses pencairan pinjaman online lebih cepat dan mudah.

Sebagai informasi, per 20 Januari 2023 total jumlah penyelenggara fintech peer-to-peer lending atau fintech lending yang berizin di OJK adalah sebanyak 102 perusahaan. Lebih lanjut, OJK mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan jasa penyelenggara fintech lending yang sudah berizin dari OJK. (Mg/Gojali) 
 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut