get app
inews
Aa Read Next : Kisah Raja Sriwijaya Samaratungga dan Sejarah Pembangunan Candi Borobudur

Daftar Julukan Unik Blora, dari Kota Barongan hingga Kota Mustika

Kamis, 02 Februari 2023 | 17:56 WIB
header img
Alun-Alun Blora. (Foto: blorakab.go.id)

Semarang, iNewsSemarang.id- Blora adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah. Daerah ini terkenal sebagai produsen kayu jati terbaik se-Indonesia bahkan dunia. Tak heran, jika Blora mendapat julukan Kota Seribu Pohon Jati. Selain itu masih ada beberapa julukan-julukan unik lainnya.

Asal-usul nama Blora berawal dari kata “belor” artinya lumpur. Sementara, sisi etimologis, kata Blora berasal dari kata “wai” atau air, dan “lorah” artinya tanah rendah.

Lalu penduduk Jawa kerap menyebutnya dengan nama Wailorah atau Bailorah yang artinya tanah rendah, merujuk pada artian lumpur.

Seiring berjalannya waktu, sebutan Wailorah berubah nama menjadi Blora. Selain uniknya jejak histori nama daerah ini, Blora memiliki sejumlah julukan yang tak kalah unik. Berikut ini ulasan selengkapnya:

Daftar Julukan Unik Blora, dari Kota Barongan hingga Kota Mustika

1. Kota Barongan

Dijuluki Kota Barongan, sebab daerah ini masih lekat dengan tradisi tari Barongan yang sangat populer. Tari Barongan adalah tarian tradisional yang melukiskan pertempuran antara kebaikan dan kejahatan. Tari ini sangat penting bagi warga setempat. Tari Barongan yang masih terus dipertahankan dan populer memiliki daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Blora.

2. Kota Minyak

Blora memiliki industri minyak yang besar dan berkembang, sehingga dijuluki “Kota Minyak”. Julukan ini menunjukkan bahwa industri minyak berperan besar dalam perekonomian warga Blora. Minyak  juga menyimpan daya tarik bagi investor dan pengusaha untuk berinvestasi di sini. Pemerintah Indonesia terlibat dalam pengelolaan minyak bumi di Blora melalui BUMN, BUMD hingga masyarakat Blora sendiri.

3. Kota Mustika

Blora terkenal atas julukan “Kota Mustika”. Kata Mustika sebenarnya adalah singkatan dari Maju, Unggul, Sehat, Tertib, Indah, Kontinyu dan Aman. Jargon ini kerap terlihat pada gapura perbatasan jalanan kota. Alhasil masyarakat menjulukinya dengan nama “Kota Mustika”.

4. Blora Kota Sate

Banyaknya warung makan yang menjual sate sebagai menu utamanya, tak heran jika Blora disebut “Kota Sate”. Sate adalah makanan populer yang hampir ditemui di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Blora.

Kita dapat menemukan kuliner sate di Blora dengan mudah. Sate Blora memiliki ciri khasnya yaitu sambal kacang yang nikmat. Julukan Kota Sate mampu menarik wisatawan untuk datang dan mencoba kuliner satu ini.

5. Kota Seribu Pohon Jati

Banyaknya jumlah pohon jati yang indah dan membentang sepanjang jalan, tak aneh jika Blora kerap dijuluki “Kota Seibu Pohon Jati”. Melimpahnya kuantitas pohon jati itu dimanfaatkan masyarakat untuk membuat produk furniture, seperti kursi, meja, dan tempat tidur. Bahkan, saat zaman kerajaan Mataram, Blora dijadikan sebagai Pusat Pemerintahan Kerajaan. Sebab, Blora terkenal atas hutan jatinya.

(Mg/Shinta)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut