get app
inews
Aa Read Next : Keluarga Ungkap Firasat sebelum Puput Novel Meninggal: Tak Mau Makan usai Idap Kanker Payudara

Waspada, Sederet Makanan Ini Bisa Picu Kanker Payudara

Jum'at, 03 Februari 2023 | 09:51 WIB
header img
makanan yang picu penyakit kanker payudara

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Dari sekian banyak perempuan di Indonesia, komedian senior, Nunung Srimulat mengungkapkan bahwa dirinya baru saja didiagnosa mengidap kanker payudara.

Belajar dari Nunung yang divonis penyakit mematikan ini, perlu kita ketahui bagaimana cara mencegah kanker payudara. Salah satunya dengan menjalani pola makan sehat, menghindari beberapa makanan yang diketahui bisa menjadi pemicunya. 

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan RI, Jumat (3/2/2023) berikut 5 makanan pemicu kanker payudara:

1. Gula
Mengonsumsi gula terlalu banyak akan menaikkan level insulin. Berdasarkan riset, insulin inilah yang menjadi promotor utama pertumbuhan tumor. Saat insulin dalam darah levelnya tinggi, ini bisa memicu terjadinya peningkatkan kadar sirkulasi estrogen bebas.

2. Daging olahan
Para peneliti mendapati kalau bahan yang digunakan sebagai pengawet yang ada pada bentuk produk daging olahan contohnya isosis, ham, dan bacon berubah jadi bahan penyebab kanker ketika berada dalam tubuh.

3. Daging merah yang dibakar
Daging merah yang dibakar seperti steak atau sate diketahui bisa memicu terbentuknya sel kanker di payudara. Hal ini tidak terjadi secara langsung, namun bagi yang mengonsumsi dengan jumlah banyak dan terus menerus bisa menjadi alasan munculnya penyakit ini. Disarankan untuk membatasi konsumsi sajian daging merah yang dibakar ini tak lebih dari 500 gram dalam seminggu.

"Makanan yang dibakar kemungkinan besar akan membentuk heterocyclic amines (HCAs). HCAs ini yang ditengarai berpotensi menyebabkan kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker prostat," terang Kemenkes.

4. Susu tinggi lemak dan protein olahan
Mengonsumsi susu dan keju tinggi lemak memiliki risiko terkena kanker lebih tinggi. Diyakini oleh para peneliti berkaitan dengan estrogen. Hormon tersebut larut dalam lemak, sehingga ditemukan dengan konsentrasi yang lebih tinggi dalam susu tinggi lemak, dibanding susu rendah lemak. Beberapa jenis kanker payudara punya reseptor estrogen dan diberi makan oleh estrogen.

5. Alkohol
Beberapa studi membuktikan bahwa konsumsi minuman beralkohol meningkatkan risiko wanita terhadap kanker payudara. Itulah kenapa, jangan minum berlebihan. Batas aman minum alkohol adalah segelas sehari. Lebih dari itu, risiko terkena kanker payudara naik 11 persen dari setiap gelas alkohol yang diteguk.

Itulah beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker payudara.

(Mg/Fitri Arifah)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut