get app
inews
Aa Read Next : Momen Perayaan 49 Tahun, Polytron Buka Showroom Pertama di Kawasan Bibir Pantai Semarang

Bikin Geleng-geleng Kepala, Ini Dia 8 Desa dengan Nama Unik

Sabtu, 04 Februari 2023 | 21:47 WIB
header img
Mengenal nama desa unik. (Foto: YouTube).

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Indonesia dikenal dengan keberagaman, salah satunya adalah keberagaman bahasa yang unik. Meskipun terkadang terdapat kemiripan penyebutan, kata-kata tersebut memiliki makna yang berbeda-beda. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa desa di Indonesia yang memiliki nama super unik. 

Saking uniknya, nama desa tersebut dikira hanya lelucon. Faktanya, desa dengan nama unik tersebut memang ada di Indonesia. Berikut ulasan yang dirangkum, Jumat (3/2/2023). 

1. Kasihan 
Jika mendengar kata “kasihan”, maka yang terbayang adalah ungkapan iba atau belas kasih. Namun ternyata, bisa jadi hal ini merujuk ke nama kecamatan yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Istimewanya, salah satu seniman ternama Indonesia, Butet Kartaredjasa atau Emha Ainun Najib berasal dari kecamatan ini.

2. Cawet 
Jangan salah, nama desa yang terdengar lucu bagi orang yang paham bahasa Jawa ini benar adanya. Cawet berada di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah ada daerah bernama Cawet. 

3. Toket 
Bagi orang awam, desa bernama Toket ini hanyalah bualan semata. Pasalnya, Toket kerap digunakan untuk menyebut payudara. Desa ini berada di Kecamatan Proppo, Pamekasan, Jawa Timur.  

4. Tutup 
Desa Tutup terletak di Kabupaten Blora, Kecamatan Tunjungan, Jawa Timur. Lucunya, ada guyonan tentang desa ini yang mengatakan “Jangan pernah ke Desa Tutup, karena tidak pernah buka”.

5. Kasmaran 
Ternyata tidak hanya manusia yang bisa merasakan kasmaran, bahkan desa ini juga Kasmaran. Mungkin semua orang di desa ini selalu merasakan indahnya Kasmaran? Tidak diketahui secara pasti mengapa desa tersebut dinamakan demikian. Desa Kasmaran terletak sekitar 25 kilometer dari kota Sekayu, yang berada di Sumatera Selatan. 

6. Kandangsapi 
Kandang sapi merupakan tempat yang digunakan untuk beternak sapi, tetapi desa dengan nama unik ini memang ada. Desa ini terletak di Kecamatan Jenar, Sragen, Jawa Tengah. 

 7. Pocong 
Desa dengan nama unik selanjutnya adalah Pocong. Mhm, mungkin dari namanya saja kita sudah tak mau berkunjung ke tempat satu ini ya? Desa ini terletak di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Madura. Ada sejarah mengapa desa ini dinamakan Pocong, yaitu berawal dari masyarakat yang menyatakan pernah menjumpai pocong yang gentayangan di hutan. Orang di sana percaya, pocong tersebut adalah salah satu dari warga desa yang meninggal dan baru dikebumikan. 

8. Sukamiskin 
Sukamiskin merupakan kelurahan yang terletak di Bandung. Dinamakan Sukamiskin karena terdapat penjara tempat ditahannya pelaku korupsi. (Mg/Revina).

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut