get app
inews
Aa Read Next : Gegara Masalah Ini, Puluhan Wartawan Buang Id-card dan Ancam Boikot Pemberitaan KPU Kendal

Miliki Segudang Prestasi, Inilah 4 Wartawan Paling Terkenal di Indonesia

Jum'at, 10 Februari 2023 | 11:43 WIB
header img
Wartawan terkenal di Indonesia yang punya banyak prestasi, Najwa Shihab (Foto: Istimewa)

SEMARANG, iNewsSemarang.id -
Memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari, tak lengkap rasanya jika tidak membahas tokoh-tokoh pers Tanah Air. Indonesia sendiri memiliki banyak wartawan dengan segudang prestasi yang tak terhitung jumlahnya. 

Banyak sekali orang-orang yang memiliki nama besar di bidang jurnalistik dari setiap generasi. Kita tentu tidak bisa menafikan nama besar Tirto Adhi Soerjo yang sering dianggap sebagai tokoh perintis pers Nasional.

Dalam sejarahnya, Indonesia juga memiliki tokoh-tokoh pers perempuan seperti Rohana Kudus, Ani Idrus, SK Trimurti, hingga Herawati Diah. Selain itu, ada tokoh-tokoh pers yang namanya masih dekat dengan generasi masa sekarang seperti Mochtar Lubis sebagai salah satu pendiri kantor Berita ANTARA, harian Indonesia Raya, hingga majalah sastra Horison.

Selain itu, ada juga sosok B. M. Diah yang tak hanya dikenal sebagai tokoh pers, melainkan juga pejuang kemerdekaan hingga diplomat Indonesia pada masanya. Namanya dibayangi oleh sosok-sosok wartawan kenamaan yang cukup masyhur seperti Joesoef Isak hingga Rosihan Anwar.

Ada pula Goenawan Mohamad sebagai salah satu pendiri Majalah Tempo dan pernah menjadi pemimpin redaksi di beberapa media. Selain itu, ada juga sosok Dahlan Iskan yang membesarkan Jawa Pos Group di Surabaya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut