get app
inews
Aa Read Next : Tragis, 8 Orang Sekeluarga Keracunan AC Mobil saat Perjalanan Mudik, 1 Tewas

Usai Makan Es Krim, Puluhan Siswa SD di Garut Alami Keracunan

Rabu, 15 Februari 2023 | 11:23 WIB
header img
petugas medis memeriksa siswa SD yang keracunan usai makan es krim (Foto: Fani Ferdiansyah)

GARUT, iNewsSemarang.id – Mengalami gejala seperti pusing, sakit perut, mual, hingga muntah, puluhan siswa SDN Kersamenak 2, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, diduga mengalami keracunan usai memakan es krim keliling sekitar pukul 09.30 WIB.

Kapolsek Tarogong Kidul Kompol Alit Kadarusman menyebut jumlah siswa yang mengalami keracunan es krim ini mencapai 66 orang. Jumlah itu terdiri dari 16 orang anak laki-laki dan 50 orang anak perempuan.

"Jadi berdasarkan hasil cek TKP, anak-anak ini sewaktu istirahat membeli makanan yang ada di lingkungan sekitar sekolah. Salah satu yang dibeli adalah es krim berbentuk kap dari pedagang keliling," kata Kapolsek Tarogong Kidul, Selasa (14/2/2023). 

Sebagian besar siswa keracunan setelah 30 menit menikmati es krim yang dijual Rp2.000 per kap tersebut. Akibatnya, para siswa pun dilarikan ke Puskesmas Kersamenak untuk mendapat pertolongan medis. Anak-anak korban keracunan kemudian berangsur-angsur diperbolehkan untuk pulang meninggalkan puskesmas, setelah petugas medis menyatakan kondisinya telah pulih. 

"Jadi sudah diperbolehkan pulang semua. Cuma tadi sempat ada satu anak atas nama Marsya, gejalanya lumayan lebih parah dibanding yang lain karena muntah berlebih. Namun sama, saat ini sudah stabil kondisinya," tutur Kapolsek Tarogong Kidul. 

Petugas Polsek Tarogong Kidul, kata Kompol Alit Kadarusman, tak menemukan pedagang es krim keliling tersebut. Sebab, pedagang ini telah meninggalkan lokasi sekolah setelah dagangannya habis. 

"Sejumlah warga dan pedagang yang memang berasal di sekitar sekolah itu tidak mengenali karena penjual es krim tersebut adalah pedagang keliling," ucapnya.

(Mg/Fitri Arifah)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut