get app
inews
Aa Read Next : Catat! Ini 8 Makanan untuk Mengatasi Bau Badan

Bisa Sebabkan Stres dan Kecemasan, 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Jum'at, 03 Maret 2023 | 13:08 WIB
header img
Makanan penyebab stres dan kecemasan sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Makanan yang kita makan tidak hanya memengaruhi kebugaran tubuh, tapi juga suasana hati. Untuk itu makanan penyebab stres dan kecemasan sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan.

Karena usus dan otak saling terhubung, mengonsumsi makanan yang dibenci bakteri usus dapat merusak suasana hati dan memicu stres juga kecemasan. Sebaliknya, saat makan makanan ramah usus dapat menjaga suasana hati lebih stabil.

Studi menunjukkan bahwa mikroorganisme di usus menghasilkan neurotransmitter di otak yang berperan aktif dalam memori, pembelajaran, perhatian, dan pengaturan emosi. Ketidakseimbangan nutrisi pun akan sangat memengaruhi suasana hati dan membuat merasa tertekan.

Misalnya, tidak mendapatkan cukup protein dapat memengaruhi fungsi otak. Ada juga makanan yang dapat meningkatkan suasana hati sementara tetapi dapat merusak tingkat stres di kemudian hari.

Berikut makanan penyebab stres dan kecemasan yang perlu Anda ketahui. 

1. Kopi 

Terlalu banyak kafein dapat menimbulkan masalah bagi kelenjar adrenal dengan merangsang tubuh secara berlebihan. Dan karena merangsang sistem saraf, kafein dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan detak jantung yang pada akhirnya akan meningkatkan perasaan cemas.

2. Makanan Manis

Makanan manis penyebab kecemasan secara keseluruhan. Makanan seperti kue, kue kering menyebabkan gula darah naik seperti rollercoaster, energi Anda juga naik dan turun. Ketika gula darah jatuh, suasana hati memburuk, dan tingkat kecemasan dapat melonjak.

3. Pemanis Buatan 

Pemanis buatan sering dipakai sebagai pengganti gula, tetapi penelitian menunjukkan bahwa penggunaan NNS (pemanis non-nutritif) juga dapat meningkatkan peradangan dan stres dalam tubuh. Penggunaan aspartam dapat menyebabkan peradangan sistemik, stres oksidatif, dan produksi radikal bebas berlebih.

4. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng mengandung lemak trans dalam jumlah tinggi. Lemak trans adalah alasan utama peradangan di tubuh. Ketika tubuh mengalami kondisi peradangan, tingkat stres meningkat.

5. Karbohidrat Olahan 

Karbohidrat olahan bisa memperburuk peradangan dan membanjiri tubuh dengan lebih banyak gula daripada yang dibutuhkan. Kondisi ini dapat menciptakan peningkatan stres dan suasana hati yang tidak stabil.

(Mg/Ajeng) 
 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut