get app
inews
Aa Read Next : Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh pada 10 April 2024, NU Kapan?

Santri Penanggung Jawab Dapur Pesantren Dilatih Pemenuhan Gizi Seimbang

Jum'at, 07 April 2023 | 15:26 WIB
header img
Sejumlah santri mengikuti Workshop Literasi Nutrisi Santri Nusantara yang diinisiasi RMI PBNU, LTN PBNU, iNews, dan PT Sasa Inti. Foto ist

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Sejumlah santri mengikuti Workshop Literasi Nutrisi Santri Nusantara yang diinisiasi Rabithah Ma’ahid Islamiyyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU), Lembaga Ta’lif wan Nasyr Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LTN PBNU), INews bersama PT Sasa Inti di Noormans Hotel Semarang, Jumat (7/4/2023). 

Sekretaris RMI PBNU, Hj. Hindun Anisah menjelaskan bahwa workshop ini menjadi ajang sharing tentang gizi, para santri yang diundang memang pengurus pondok pesantren penanggung jawab masak sehingga, bisa menganalisa agar bisa memenuhi gizi seimbang. 

Al-aqlu as-salim fi jismi al-saliim sebuah maqolah mengatakan demikian, dalam tubuh yang sehat terdapat akal yang sehat. Dalam al-Baqarah: 172 menyebutkan makanlah apa-apa yang baik. Baik disini yaitu bergizi dan bernutrisi. Setiap hari aktivitas santri menggunakan otak, otak bisa berpikir dengan baik perlu dikasih asupan yang baik,” ungkap Hj. Hindun Anisah.

Sementara itu, Godha Sri Sasongko selaku field promotion manager Jawa Tengah sebagai perwakilan PT Sasa Inti menyambut baik workshop dengan pesantren ini. 

“Workshop literasi ini untuk 25 pesantren, semoga kedepan banyak pesantren terlibat. Karena ini bukan terakhir kalinya,” papar Godha. 

Dalam workshop ini santri mendapatkan 4 sesi, materi pertama “Malnutrisi pada Santri” disampaikan dr. Fathur Nur Kholis, Sp.PD, K-P FINASIM dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, materi kedua, “Asupan Nutrisi Untuk Sehat dan Tumbuh Kembang Optimal”, materi ketiga “Jajanan Sehat untuk Santri“ disampaikan A Fahmy Arif Tsany, M. Sc., RD sedangkan sesi terakhir Workshop Menu Sehat Santri untuk 1 bulan. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut