SEMARANG, iNewsSemarang.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi menutup pelaksanaan posko Angkutan Lebaran Tahun 2023 pada Selasa 2 Mei 2023 kemarin. Selama 19 hari posko yang dimulai dari 12 April sampai dengan 2 Mei 2023, KAI Daop 4 Semarang melayani total 430.287 penumpang KA atau rata-rata 20.490 penumpang per hari.
Jumlah penumpang di periode Lebaran ini meningkat 36% dibanding periode yang sama pada Angkutan Lebaran Tahun 2022 dimana KAI melayani sebanyak 314.547 penumpang.
“Alhamdulillah, pelaksanaan posko Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan aman. Dengan meningkatnya jumlah penumpang, KAI akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan di tahun 2023 ini,” ujar Kepala Daop 4 Semarang KAI, Wisnu Pramudyo.
Wisnu mengatakan, meski ada peningkatan dibanding Lebaran tahun 2022, jumlah penumpang yang KAI layani hanya 81% dibanding masa periode sebelum Pandemi yaitu masa Lebaran 2019 sebanyak 530.127 penumpang.
Puncak volume penumpang pada periode Lebaran 2023 di wilayah Daop 4 Semarang terjadi pada Selasa, 25 April 2023 sebanyak 29.945 penumpang dan pada Senin, 1 Mei 2023 sebanyak 28.033 penumpang. Rute Kereta Api yang menjadi favorit masyarakat pada periode Lebaran ini adalah Semarang-Jakarta pp, Semarang-Surabaya pp, Tegal-Jakarta pp, dan Semarang-Bandung pp.
Sedangkan untuk penumpang turun atau datang di wilayah Daop 4 Semarang pada periode Lebaran ini ada sebanyak 452.829 penumpang. Jumlah penumpang turun atau datang tertinggi terjadi pada Selasa, 25 April 2023 sebanyak 28.592 penumpang dan pada Senin, 1 Mei 2023 sebanyak 26.659 penumpang.
Adapun 5 stasiun di wilayah Daop 4 Semarang dengan volume penumpang tertinggi selama periode 12 April sampai dengan 2 Mei 2023 meliputi Stasiun Semarang Poncol dengan jumlah penumpang yang naik sebanyak 116.876 penumpang, diikuti Stasiun Semarang Tawang dengan jumlah 114.014 penumpang, Stasiun Tegal dengan jumlah 66.104 penumpang, Stasiun Pekalongan dengan jumlah 45.951 penumpang, dan Stasiun Cepu dengan jumlah 21.053 penumpang.
Wisnu mengatakan, keberhasilan dalam melayani pelanggan di periode Lebaran 2023 ini tak lepas dari peran seluruh insan KAI dan kolaborasi dengan seluruh pihak dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan yang mengutamakan pelayanan dan keselamatan.
“Terima kasih juga kami sampaikan kepada para pelanggan KAI atas pilihannya menggunakan transportasi kereta api selama periode Lebaran 2023 ini. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut dengan terus meningkatkan pelayanan di tahun 2023,” tutup Wisnu. (Mualim)
Editor : Agus Riyadi