get app
inews
Aa Read Next : Genbi UIN Walisongo 2022 Gelar Seminar Proposal untuk Penuhi KKN Mandiri Pengakuan

Komitmen Maju Bersama, UIN Walisongo Teken Kerjasama dengan IAIN Bone dan IAIN Metro

Jum'at, 05 Mei 2023 | 05:00 WIB
header img
UIN Walisongo menandatangani perjanjian kerjasama dengan dua IAIN saat even AICIS 2023. Foro ist.

Surabaya. iNewsSemarang.id -  Demi mewujudkan kemajuan bersama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar, UIN Walisongo menandatangani perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan IAIN Bone dan IAIN Metro Lampung, pada pelaksanaan Annual International Conference on Islamic Studies (ACIS) 2023 di Gedung KH Mahrus Aly Tower Pascasarjana UIN Sunan Ampel, Rabu(3/5/2023). 

Kegiatan kerjasama dalam lingkup Tridharma Perguruan Tinggi ini dihadiri rektor masing-masing lembaga, yaitu Rektor UIN Walisongo Semarang Prof.Dr.H.Imam Taufiq,M.Ag., Rektor IAIN Bone Prof.Dr.H.Syahabuddin,M.Ag., dan Rektor IAIN Metro Lampung Dr.Hj.Siti Nurjanah,M.Ag.PIA. 

Rektor UIN walisongo Semarang Prof.Dr.H.Imam Taufiq,M.Ag. mengatakan bahwa MoU dengan bagian keluarga besar Kelembagaan Islam yang masing masing memiliki kelebihan, keselarasan dan rekognisi. 

“Maka MoU dengan IAIN Bone dan IAIN Lampung  penting, tidak hanya persoalan PTKIN tetapi UIN Walisongo memiliki jejaring  alumni  dan pengembangan yang dibersamakan serta penguatan Tridharma dan merdeka belajar untuk saling bersinergi dan mendukung agar menjadi semakin hebat dan sehat,” ungkapnya.

Salah satu upayanya adalah dengan penguatan Good University Governance melalui penguatan penjaminan mutu. Menurutnya, banyak IAIN yang perlu akseleratif dan UIN Walisongo layak menjadi mentor. 

Ia mencontohkan kerjasama antara UIN Walisongo yang menjadikan IPB sebagai Mentor. “Semua modul penjaminan mutu, Audit Mutu Internal(AMI),eksternal analisis kemudian  didiseminasikan ke beberapa IAIN. Quality Assurance perlu dikawal karena ini adalah kunci Perguruan Tinggi utamanya diproses perencanaan. Prestasi, akreditasi dan rekognisi adalah sebagian hasilnya,” jelasnya.  

Sementara itu, Rektor IAIN Bone Prof.Dr.H.Syahabuddin,M.Ag menyebut MOU dengan UIN Walisongo dilakukan karena IAIN Bone membutuhkan support wejangan dan arahan dan IAIN Bone berkiblat dengan UIN Walisongo. Menurutnya, rektor yg dianggap berhasil diantara UIN, MOU dengan UIN Walisongo dgn kelasnya lebih tinggi. 

“IAIN tidak akan besar tanpa lembaga besar. Kesepakatan dengan UIN dibidang Tridharma perguruan tinggi memperkuat IAIN Bone agar berhasil di bidang tridharma” ungkapnya. 

Sedangkan Rektor IAIN Metro Lampung Dr.Hj.Siti Nurjanah,M.Ag.PIA.,menyampaikan bahwa MoU dengan UIN Walisongo bertujuan untuk pengembangan kampus dan implementasi kurikulum merdeka belajar. 

“Selain itu juga penguatan dibidang tridharma perguruan tinggi dengan kolaborasi riset, tenaga pendidik dan mahasiswa serta pengabdian kepada masyarakat. UIN Walisongo kami anggap berhasil dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi,” jelas Dr.Hj.Siti Nurjanah,M.Ag.PIA

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut