get app
inews
Aa Read Next : PSIS Gagal Tembus Championship Series, Alfeandra Dewangga Minta Maaf ke Suporter

Renovasi Stadion Jatidiri Semarang Selesai, Yuk Tengok Perubahannya!

Rabu, 19 Januari 2022 | 18:07 WIB
header img
Foto udara suasana Stadion Jatidiri Semarang di Karangrejo, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/1/2022). Foto: Antara/Aji Styawan

SEMARANG, iNews.id - Kabar menggembirakan bagi publik penikmat sepakbola di Kota Semarang dan sekitarnya, khususnya para suporter tim sepakbola kebanggan kota Loenpia, PSIS Semarang. Pengerjaan renovasi Stadion Jatidiri telah sampai tahap finishing.

Seperti apa perubahan wajah baru Stadion Jatidiri setelah direnovasi, yuk tengok lebih dekat.

Sejumlah pekerja sedang melakukan perawatan beberapa fasilitas, termasuk rumput lapangan hijau, Selasa (18/1 2022).

Balai Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (BPPLOP) Provinsi Jawa Tengah selaku pengelola, harus melaksanakan perawatan khusus terhadap rumput lapangan hijau tiap setiap hari.

Rumput jenis Zoysia japonica yang merupakan rumput standar lapangan sepak bola di Italia membutuhkan pemangkasan setiap tiga hari sekali dan dilakukan oleh petugas serta konsultan khusus dalam perawatannya.

Tampil dengan wajah baru, Stadion Jatidiri terus berbenah guna menyesuaikan dengan stadion standar penyelenggaraan pertandingan internasional. Salah satunya adalah rumput lapangan hijau.


Gubernur Ganjar Pranowo bersama sang istri saat melakukan pengecekan pengerjaan finishing renovasi Jatidiri, Jumat (7/1/2022). Tampak atap tribun barat dan lampu stadion sudah terpasang, kondisi rumput lapangan pun sudah bagus. Foto: Humas Pemprov Jateng

 

Renovasi Jatidiri yang dilaksanakan sejak 2016 berkapasitas dari 20.000 tempat duduk tanpa kursi tunggal (single seat) kini menjadi sekitar 25.000 tempat duduk menggunakan single seat.

Menurut informasi pihak pengelola, penggunaan stadion ditargetkan pada tahun 2023. Saat ini masih dalam tahap pemenuhan kelengkapan serta pengajuan sertifikasi dan verifikasi standar AFC dan FIFA.

Namun demikian, lapangan stadion sudah beberapa kali digunakan untuk latihan tim PSIS Semarang Terakhir, mereka menggunakan untuk persiapan sebelum bertolak ke Bali, untuk mengikuti putaran empat Liga 1 Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng N Rachmadi menjelaskan, untuk pekerjaan tahun 2021 yang sudah selesai dilakukan meliputi atap tribun barat, lanskap drainase di lingkungan stadion, area safety zone, dan pengerjaan arsitektur dalam.

“Pekerjaan inti sudah selesai. Rencana tahun 2022 sudah dianggarkan untuk finishing. Target kami untuk tahun ini stadion selesai,” katanya, saat mendampingi Gubernur Ganjar Pranowo melakukan pengecekan di stadion, beberapa waktu lalu (7/1/2022).

Bagaimana, keren bukan? So pasti para pendukung setia tim kebanggan warga Semarang yang tergabung dalam Panser Biru (Pasukan Suporter Semarang Biru) dan SneX (Suporter Semarang Extrem) makin semangat untuk terus mendukung Laskar Mahesa Jenar kembali berjaya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut