get app
inews
Aa Read Next : Mengenal 5 Jenis Kurma Cocok untuk Buka Puasa, Mana Paling Enak?

Kapan Maulid Nabi 2023 Diperingati? Cek Jadwalnya Disini

Rabu, 13 September 2023 | 10:51 WIB
header img
Maulid nabi 2023. (Foto: ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Maulid Nabi atau hari besar peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW selalu dinantikan oleh umat Islam. Apalagi, umat Muslim saat ini sudah berada di penghujung bulan Safar 1445 Hijriah, dimana setelahnya akan menyambut bulan Rabiul Awal.

Lantas, kapan Maulid Nabi 2023 akan diperingati? Cek jadwalnya disini agar tidak kelewatan untuk melaksanakan amalan-amalan di bulan mulia ini.

Berdasarkan kalender Indonesia, Maulid Nabi 2023 akan diperingati pada Kamis, 28 September. Ini sekaligus menjadi hari libur nasional.

Maulid Nabi adalah peringatan hari lahir Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Rasulullah lahir pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau sekira 571 Masehi.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dilahirkan di sebuah bangunan sederhana berukuran 10x18 meter. Sejarah mencatat bangunan tersebut merupakan rumah kakeknya yaitu Abdul Muthalib. 

Berlokasi 200 meter dari pintu akses menuju Bukit Marwah Masjidil Haram ke arah Terminal Syib Amir di sisi kanan, bangunan tersebut bercat coklat-kuning pucat. Bangunan ini berlokasi di Kampung Suuq Lail, Arab Saudi. 

Luar biasanya, tempat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dilahirkan ternyata menghadap langsung ke arah Kakbah. Sebab, bangunan tersebut pun masih berada di daerah Masjidil Haram.

Tidak hanya itu, Rumah Maulid –sebutan tempat Nabi dilahirkan– juga menghadap ke Bukit Safa dan Marwa serta Zamzam Tower. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut