get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi M4,8 Guncang Bayah Banten

BMKG: Baru 11% Wilayah Indonesia yang Masuk Musim Hujan

Selasa, 03 Oktober 2023 | 11:25 WIB
header img
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan baru 11% wilayah Indonesia yang sudah masuk musim hujan. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Sebagian besar wilayah di Indonesia tengah mengalami cuaca panas yang tak biasa. Hal itu sesuai dengan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan baru 11% wilayah Indonesia yang sudah masuk musim hujan.

“Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 11% wilayah Indonesia masuk musim hujan,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya, Selasa (3/10/2023).

Sementara itu, BMKG memprediksi pada periode Dasarian I hingga III bulan Oktober 2023 umumnya diprediksi curah hujan berada di kriteria rendah - menengah (0-150 mm/dasarian).

BMKG mengatakan wilayah yang diprediksi mengalami hujan kategori rendah (<50 mm/dasarian) pada Oktober Dasarian I 2023 yakni meliputi sebagian besar Sumatera bagian tengah hingga selatan, Jawa hingga NTT, sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Sulawesi dan Maluku, sebagian Papua Barat, Papua bagian utara dan Papua Selatan.

“Pada Oktober II 2023 meliputi Sumatera bagian tengah dan selatan, Jawa hingga NTT, sebagian Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah bagian selatan, sebagian besar Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua bagian utara, sebagian kecil Papua Pegunungan dan sebagian Papua Selatan,” ungkap BMKG.

Selanjutnya, pada Oktober III 2023 meliputi Sumatera bagian tengah dan selatan, Jawa hingga NTT, sebagian Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, sebagian besar Sulawesi, Maluku, dan sebagian Papua Selatan.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut