get app
inews
Aa
Read Next : Amin Rais Dikabarkan Meninggal Dunia, Tasniem: Hoax, Bapak sehat Alhamdulillah

Minum Air Sebelum Tidur Cegah Serangan Jantung, Ternyata Hoaks!

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:55 WIB
header img
minum air putih sebelum tidur diklaim bisa mencegah serangan jantung, ternyata hoaks. Foto: Kominfo

iNews.id – Meninggalnya sejumlah pesohor tanah air yang meninggal karena serangan jantung, terbaru putri artis dan politikus Nurul Arifin yang meninggal Selasa (25/1/2022) pagi tadi, membuat banyak masyarakat mencari informasi mengenai penyakit mematikan yang datang secara mendadak itu.

Di lain pihak, kepanikan masyarakat dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan informasi Hoaks. Seperti pesan berantai yang berisi bahwa minum air sebelum tidur dapat mencegah serangan jantung.

Dilansir dari laman Kominfo, mengutip penjelasan dari web www.thatsnonsense.com bahwa informasi yang beredar soal minum air putih mencegah serangan jantung ternyata tidak benar alias hoaks.

Pesan berantai tersebut mengklaim bahwa meminum air dalam beberapa waktu tertentu dapat memaksimalkan efektivitasnya pada tubuh dan memiliki khasiat seperti mengaktifkan organ dalam, membantu pencernaan, menurunkan tekanan darah, serta klaim mengenai segelas air sebelum tidur yang berguna untuk menghindari stroke atau serangan jantung.

Klaim tersebut ternyata tidaklah benar. Penjelasannya, meminum air memang perlu dilakukan oleh manusia untuk bertahan hidup dan tetap sehat, serta meminum air dengan jumlah yang direkomendasikan setiap hari memiliki beragam keuntungan bagi kesehatan.

Namun air bukanlah pengobatan serbaguna seperti pada klaim di pesan tersebut. Seperti halnya klaim bahwa meminum air mengaktifkan organ dalam, sesuatu yang tidak masuk akal dikarenakan organ dalam tidak perlu “diaktifkan” di pagi hari dikarenakan organ dalam mampu bekerja dengan sempurna sepanjang malam.

Selain itu tidak ada bukti kredibel bahwa meminum air dapat membantu pencernaan maupun menurunkan tekanan darah, serta membantu untuk menghindari serangan jantung atau stroke.

So, tetap tenang, kroscek setiap informasi sebelum membagikan. Jaga pola hidup sehat, dengan istirahat dan makan teratur, mengonsumsi makanan bergizi, dan pikiran tetap positif, adalah obat dari segala penyakit.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut