get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Akan Bentuk Presidential Club, Apa Itu?

Resmi Diumumkan Jadi Cawapres Prabowo, Gibran Bakal Hengkang dari PDIP?

Senin, 23 Oktober 2023 | 05:52 WIB
header img
Gibran Rakabuming Raka saat naik kuda bersama Prabowo Subianto. (Foto: Tangkapan layar video)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Status Gibran Rakabuming Raka yang masih menjadi kader PDIP membuat publik bertanya-tanya.Apakah putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Walikota Solo itu akan pindah partai usai diumumkan sebagai calon wakil presiden (Cawapres) yang mendampingi capres Prabowo Subianto di Pemilu Presiden 2024, pada Minggu (23/10/2023).

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan pihaknya tak mau berpolemik soal status kader Gibran.

"Pertanyaan mengenai kader partai, saya pikir saya tidak akan berpolemik di situ. Tetapi seperti yang kita tahu bahwa telah diputuskan begitu dalam ketum dan sekjen dalam forum rapat partai di KIM," ujar Dasco usai deklarasi Gibran cawapres Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

Menurutnya, pengumuman itu disampaikan menanggapi safari Gibran ke ketum-ketum parpol pendukung Prabowo sejak kemarin Sabtu (21/10/2023). Alhasil, para ketum pun bermufakat dan bersepakat untuk memilih Gibran sebagai cawapres pendamping Prabowo.

"Semua sudah dipikirkan dan dihitung sehingga tadi seperti yang sudah disampaikan, capres-cawapres dari KIM seperti yang tadi diumumkan. Tadi undangannya memang ketum dan sekjen parpol KIM," tuturnya.

Saat ditanya apakah Gibran bakal masuk salah satu partai KIM, dia enggan menjelaskannya. Dasco hanya meminta agar persoalan itu ditanyakan pada Gibran.

Sementara itu, Waketum PAN, Yandri Susanto menambahkan dalam pertemuan di rumah Prabowo, para ketum dan sekjen parpol KIM telah bermufakat mengusung Gibran sebagai cawapres. Dia tak mempersoalkan tentang pengkaderan Gibran sebelum akhirnya dipilih sebagai cawapres.

"Pastinya malam ini para ketum dan para sekjen tadi mufakat mengusung Gibran, kita tidak mempersoalkan kader dari mana, kita mufakat Gibran tadi, tak ada perdebatan," katanya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut