get app
inews
Aa Read Next : Kenapa Cuaca Terasa Gerah Akhir-akhir Ini? Begini Penjelasan BMKG

Gempa M4,0 Guncang Bogor Jabar, BMKG Imbau Warga Waspadai Gempa Susulan

Jum'at, 08 Desember 2023 | 07:19 WIB
header img
Ilustrasi gempa. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,0 mengguncang Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023) pukul 02.00 WIB. Pihaknya juga menghimbau warga agar tetap waspada terhadap potensi gempa susulan. 

Hasil analisis BMKG menyebutkan, pusat lokasi gempa berada di 25 kilometer (km) arah barat daya Kota Bogor pada kedalaman 5 km. Gempa ini dirasakan hingga kawasan Kalapanunggal, Cicurug, Sukabumi dengan skala intensitas III MMI.


Gempa M 4,0 yang mengguncang Kota Bogor, Jawa Barat, dirasakan warga hingga kawasan Sukabumi. (Foto: BMKG)

"#Gempa (UPDATE) Mag:4.0, 08-Des-23 02:00:45 WIB, Lok:6.73 LS, 106.61 BT (Pusat gempa berada di darat 25 km Barat Daya Kota Bogor), Kedlmn:5 Km Dirasakan (MMI) III Kalapanunggal Sukabumi #BMKG," tulis BMKG dalam akun media sosial X resminya, Jumat (8/12/2023).

BMKG menyatakan informasi ini mengutamakan kecepatan sehingga data yang ada masih dapat berubah. Hingga kini belum diketahui dampak dari gempa bumi tersebut. 

Namun, warga daerah Bogor, Jawa Barat, diimbau waspada terhadap potensi gempa susulan.

"Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” tulis keterangan itu.

 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut