get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Semarang Komitmen Dukung PSIS, Fasilitasi Tim Kembali Latihan di Stadion Citarum

Wali Kota Semarang Minta Warga dan Pemilik Usaha Tak Buang Sampah Sembarangan

Senin, 01 Januari 2024 | 13:41 WIB
header img
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat memantau malam pergantian tahun di kawasan Kota Lama. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meminta masyarakat dan pemilik usaha menanamkan rasa memiliki, salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. 

Hal ini disampaikan Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu usai melakukan pemantauan malam pergantian tahun di kawasan Kota Lama Semarang, Minggu (31/12/2023) malam. 

Mbak Ita menyoroti adanya sampah yang berserakan di Kawasan Kota Lama yang mengganggu estetika keindahan kawasan heritage tersebut. Apalagi saat merayakan malam pergantian tahun, diketahui masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan. 

Menurut Mbak Ita, mestinya mereka (pemilik usaha dan masyarakat) mempunyai rasa memiliki dengan prinsip Handarbeni (berani mawas diri, merasa ikut memiliki, wajib ikut menjaga/membela, dalam konteks rasa memiliki Kota Semarang). 

Selain itu, lanjut Mbak Ita, pelaku usaha, khususnya UMKM yang ada di Kota Lama Semarang harus turut menjaga kebersihan. Terutama karena Pemkot Semarang telah memberikan beragam fasilitas dan kemudahan.

"Mereka harus mempunyai rasa memiliki, karena sudah difasilitasi penuh oleh Pemerintah Kota Semarang mulai dari penataan kawasan, infrastruktur, dan sebagainya. Sehingga mereka harus ditanamkan rasa memiliki dan mencintai Kota Lama Semarang ini," sebutnya. 

Selain melakukan pantauan di Kota Lama Semarang, Mbak Ita bersama jajaran dan Forkopimda Kota Semarang malam itu juga memantau beberapa titik keramaian. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut