get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Rutin Konsumsi Mi Instan Bisa Sebabkan Kanker Hingga Stroke

Hari Kanker Sedunia Tahun 2022, Persempit Kesenjangan Pelayanan Kanker

Jum'at, 04 Februari 2022 | 14:40 WIB
header img
Tema Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) tahun 2022 "Close The Gap" membawa pesan pemerataan akses terhadap pelayanan kanker. Foto: Ist

SEMARANG, iNews.id - Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) diperingati setiap tanggal 4 Februari. Pada tahun ini mengangkat tema "Close The Care Gap". Tema ini bermakna pemerataan akses terhadap pelayanan kanker yang bermutu.

Dikutip dari laman World Cancer Day, beberapa fakta yang menjadi latar digemakannya tema Close the Care Gap sebagai berikut:

  • Ketidaksetaraan dalam perawatan kanker menelan korban jiwa;
  • Orang yang mencari perawatan kanker menghadapi hambatan di setiap kesempatan;
  • Pendapatan, pendidikan, lokasi dan diskriminasi berdasarkan etnis, jenis kelamin, orientasi seksual, usia, kecacatan dan gaya hidup hanyalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perawatan secara negatif;
  • Kesenjangan mempengaruhi semua orang, termasuk Anda dan orang yang Anda cintai;
  • Hambatan ini tidak diatur dalam batu. Mereka dapat diubah.

Hari Kanker Sedunia pertama kali kali dicetuskan oleh Union for International Cancer Control (UICC) dalam acara World Summit Against Cancer di Paris pada tanggal 4 Februari 2000. Kemudian berkembang menjadi gerakan positif dalam meningkatkan kesadaran warga dunia akan pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit berbahaya, terutama kanker.

Tema Hari Kanker Sedunia tahun 2022 ini sesuai dengan kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan kondisi geografis berupa kepulauan, terdiri dari beragam suku dan kebudayaan, pemerataan fasilitas pelayanan publik antar daerah masih menjadi persoalan. Pelayanan dan akses masyarakat terhadap penyakit mematikan ini pun masih terjadi kesenjangan.

Oleh karena itu, tema Hari Kanker Sedunia 2022 menjadi kontekstual dengan kondisi Indonesia untuk mempersempit gap pelayanan masyarakat terhadap kanker. .

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut