get app
inews
Aa Read Next : Ditinggal Ngojek, Rumah Warga Mororejo Ludes Terbakar

Sisa Reruntuhan Kebakaran Relokasi Pasar Johar Diserbu Pengepul Rongsok

Minggu, 06 Februari 2022 | 12:40 WIB
header img
Besi rongsok sisa kebakaran di Relokasi Pasar Johar Semarang yang dikumpulkan. Foto: iNews/Taufik Budi.

SEMARANG, iNews.id - Ratusan kios di Relokasi Pasar Johar yang dilalap ganasnya si jago merah kini menjadi puing-puing yang banyak diburu para pengepul besi rongsok. Pengepul mulai menyerbu tempat tersebut untuk membeli besi sisa kebakaran dengan harga murah.

Para pengepul berburu sisa-sisa kebakaran seperti atap lapak pedagang, kerangka bangunan, besi-besi, termasuk pintu rolling door dari para pedagang korban kebakaran. Bangunan lapak yang sebagian terbuat dari matrial besi tersebut setelah dilalap api masih tersisa meski sudah tak lagi utuh.

Dari para korban kebakaran, sisa-sisa kebakaran dibeli dengan harga murah dan mudah, yakni Rp 5.000 per kilogram. Harga sebesar itu sudah termasuk biaya bongkar lapak, baik dengan cara dijebol paksa maupun dipotong mesin las. Para pedagang mengaku tak punya pilihan lain, kecuali menjual sisa lapaknya.

“Kerugian yang diderita akibat kebakaran sudah sangat banyak, sehingga berharap penjualan rongsok lapak bisa sekadar menyambung hidup,” kata Wawan Handayani, pedagang korban kebakaran, Sabtu (5/2/2022). 

Untuk setiap lapak bisa terkumpul besi rongsok 30-50 kilogram. Sementara, terdapat 512 kios pedagang yang ludes terbakar. “Untuk mengangkutnya, kami harus membawa armada mobil,” kata Arif Budiono, pengepul besi rongsok.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut