get app
inews
Aa Read Next : Siapa Kandidat yang Akan Diusung Gerindra di Pilgub Jateng 2024? Ini Jawaban Prabowo

Tak Cukup Borong 42 Jet Tempur, Prabowo Juga akan Beli 2 Kapal Selam Prancis

Kamis, 10 Februari 2022 | 21:26 WIB
header img
Foto: Antara

JAKARTA, iNews.id – Setelah memberikan pernyataan akan mengakuisisi sebanyak 42 unit jet tempur, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkapkan akan membeli dua kapal selam Scorpene buatan Prancis.

"Kita telah tandatangani MoU kerja sama di bidang research and development tentang kapal selam antara PT PAL dengan Naval grup dari Prancis yang tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam Scorpene," ujar Prabowo , Kamis (10/2/2022).

Dia menuturkan , rencana pembelian dua unit alutsista itu telah termasuk Air Independent Propulsion (AIP), persenjataan dan suku cadang yang dibutuhkan. Termasuk juga latihan pengoperasian.

"Dengan AIP beserta persenjataan dan suku cadang-cadang yang dibutuhkan, termasuk latihan juga," ungkapnya.
Sebagaimana diketahui, Kementerian Pertahanan telah menyepakati pembelian jet tempur multi-peran asal Prancis, Dassault Rafale. Jumlah yang disepakati sebanyak 6 unit.

Adapun 6 unit itu merupakan tahap pertama dari keseluruhan 42 jet yang rencananya akan diakuisisi oleh Indonesia. Dia memastikan, 36 unit lainnya akan segera menyusul dalam waktu dekat.

"Kita rencananya akan mengakuisisi 42 pesawat Rafale. Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat. Akan disusul ya dalam waktu dekat dengan kontrak untuk 36 pesawat lagi," ucap Prabowo

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut