get app
inews
Aa Read Next : Pastikan Pemudik Tetap Aman, BMKG Siap Modifikasi Cuaca saat Libur Lebaran 2024

Kota Terpanas di Jateng, Ternyata Juaranya Bukan Semarang

Minggu, 10 Maret 2024 | 13:33 WIB
header img
Ada 5 kota terpanas di Jawa Tengah. (Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kota terpanas di Jateng wajib Anda ketahui sebelum berkunjung. Provinsi yang terletak di tengah-tengah Pulau Jawa ini dikenal memiliki beberapa daerah yang memiliki cuaca dingin. 

Salah satu daerah yang memiliki suhu dingin adalah Kabupaten Wonosobo. Selain itu ada Kabupaten Banjarnegara yang suhu udaranya dapat mencapai 18 derajat Celcius. 

Namun, Jawa Tengah (Jateng) ternyata juga memiliki beberapa daerah yang terbilang memiliki suhu panas. Bahkan menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ada salah satu daerah yang pernah tercatat memiliki suhu 35 derajat Celcius.  

Kota Terpanas di Jateng 

1. Pekalongan 

Kota terpanas di Jawa Tengah yang pertama adalah Pekalongan. Tercatat jika daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Batang di timur ini terletak di ketinggian 5,188 mdpl.  Melihat hal itu, tak salah jika Pekalongan masuk sebagai kota terpanas di Jawa Tengah. Menurut BMKG, daerah satu ini tercatat pernah memiliki suhu harian mencapai 30-35 derajat Celcius. 

2. Semarang  

Semarang berada di nomor kedua dalam daftar ini sebagai kota terpanas di Jawa Tengah. Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini, menurut BMKG, tercatat pernah memiliki suhu harian mencapai 34 derajat Celcius.  Ini juga dapat disebabkan karena wilayahnya yang hanya memiliki ketinggian 12,098 mdpl. 

3. Tegal 

Selanjutnya, nomor ketiga dalam daftar ini ada Tegal. BMKG pernah mencatat suhu harian Kota Bahari ini mencapai 27,1 derajat Celcius. Meski begitu, ternyata suhu di kota satu ini belum sebandingan dengan beberapa derah di Provinsi Jawa Timur.  

4. Cilacap 

Meski memiliki pantai yang indah dan eksotik, ternyata Cilacap tercatat sebagai salah satu kota terpanas di Jawa Tengah. Menurut BMKG, Kota Bercahaya ini suhu rata-rata hariannya dapat mencapai 27,1 derajat Celcius hingga 33 derajat Celcius.  

5. Purbalingga

 Siapa sangka jika Purbalingga jadi salah satu kota terpanas di Provinsi Jawa Tengah. Bahkan, menurut BMKG, Kota Perwira ini rata-rata ketika siang hari suhunya dapat mencapai 34 derajat Celcius. Meski, Purbalingga terletak di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 400-700 mdpl, nyatanya kota satu ini memiliki suhu panas yang terbilang cukup ekstrim. 


 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut