get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Disanksi Bawaslu karena Terbukti Gelembungkan Suara Partai Golkar

PJ Gubernur Jateng Prihatin 67 Petugas Gugur Selama Pemilu 2024: Ini Jadi Evaluasi di Pilkada

Selasa, 26 Maret 2024 | 18:39 WIB
header img
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat rapat koordinasi (Rakor) dukungan elemen satuan kerja (DESK) Pilkada Serentak Tahun 2024, Selasa (26/3/2024). (Foto: MPI/Dok Pemprov Jateng)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana prihatin dengan banyaknya petugas penyelenggara pemilihan umum di Jawa Tengah yang meninggal dunia saat gelaran Pemilu 2024. Dia berharap kejadian itu tidak terulang pada gelaran Pilkada Serentak 2024.  

“Ini memprihatinkan, karena cukup banyak 67 petugas meninggal,” ujar Nana saat rapat koordinasi (Rakor) dukungan elemen satuan kerja (DESK) Pilkada Serentak 2024 Provinsi Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Gubernuran, Kota Semarang, Selasa (26/3/2024). 

Petugas pemilu yang meninggal di Jateng terdiri atas KPPS, PPK, pengawas pemilu, pantarlih hingga anggota Satlinmas.  

“Ini akan menjadi evaluasi bersama agar hal ini tidak terjadi lagi di pilkada yang akan dilaksanakan pada beberapa waktu ke depan,” katanya.

Namun demikian, Nana juga menyebut suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat jadi tolak ukur kesuksesan pilkada serentak.

Menurutnya, kesuksesan Pemilu 2024 dapat dilihat dari beberapa indikator, di antaranya partisipasi pemilih di Jateng mencapai 82,5 persen atau di atas target 80 persen.  

Selain itu, tahapan Pemilu 2024 juga berjalan lancar. Situasi dan kondisi berlangsung secara kondusif, aman dan tertib. Bahkan, kerja pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tidak ada gangguan sama sekali.

"Pemilu 2024 ini menjadi pembelajaran dalam pelaksanaan pilkada ke depan," kata Nana.

Pada Pilkada Serentak 2024, akan memilih Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota-Wakil Wali Kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah. KPU telah menetapkan tanggal pemungutan suara Pilkada Serentak pada 27 November 2024 mendatang. (Arni Sulistiyowati)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut