get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik! Media Belanda Sebut Jairo Riedewald dalam Proses Jadi Pemain Timnas Indonesia

Harga Tiket Timnas Indonesia Vs Irak dan Filipina Meroket, Ini Penjelasan PSSI

Kamis, 16 Mei 2024 | 16:54 WIB
header img
Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga menjelasan alasan kenapa harga tiket Timnas Indonesia vs Irak dan Filpina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia naik lebih dari 100 persen disbanding saat menghadapi Vietnam medio Maret 2024. (Dok PSSI)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - PSSI melalui anggota Exco, Arya Sinulingga menjelasan alasan kenapa harga tiket Timnas Indonesia vs Irak dan Filpina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia naik lebih dari 100 persen disbanding saat menghadapi Vietnam medio Maret 2024.

Dia mengatakan, harga tiket naik karena Timnas Indonesia yang semakin kuat. Semakin kuat Timnas Indonesia, pembiayaan yang dikeluarkan PSSI untuk skuad Garuda otomatis semakin besar.

“Harga seperti sekarang ini. Kenapa? karena memang kalau timnasnya makin kuat itu butuh pendanaan makin besar,” kata Arya Sinulingga dalam keterangannya, Kamis (16/5/2024).

Arya mencontohkan, kebutuhan dana yang besar bisa dilihat saat Timnas Indonesia U-23 menembus semifinal Piala Asia U-23 2024. Ia menjelaskan, kebutuhan akomodasi ketika Garuda Muda menembus semifinal Piala Asia U-23 2024 meningkat.

Terlebih, Timnas Indonesia U-23 harus terbang ke Paris ketika menjalani pertandingan playoff Olimpiade Paris 2024. Menurutnya, kondisi itu menjadi contoh betapa besarnya kebutuhan dana bagi Timnas Indonesia U-23.

Dia mengungkapkan, target Timnas Indonesia yang tinggi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia juga akan berdampak kepada pendanaan. Arya mengakui, salah satu sumber pendanaan bagi Timnas Indonesia adalah pemasukan dari tiket.

"Nah, kemudian nanti di Piala Dunia (kualifikasi) kan kita semua berharap masuk putaran ketiga. Di putaran ketiga itu kita sudah ada sepuluh kali pertandingan yang akan kita laksanakan, tentu butuh pendanaan. Dan Ketika away (tandang), naik pesawat lagi dan sebagainya,” jelasnya.

“Memang, timnas makin kuat, pendanaan makin kuat. Maka, dibutuhkanlah dana yang banyak, jadi gaada kita cari untung. Ini semua untuk membiayai timnas. Salah satunya ya. Ada memang hak siar, tapi itupun gak cukup,” kata dia.

“Maka, salah satunya adalah dari tiket juga. Walaupun dari tiket bisa dibilang dibandingkan dengan yang lain masih kecil juga. Nah, konsekuensi kita, timnas kita makin kuat maka butuh dana semakin besar,” ujarnya.

Ia pun meminta maaf kepada para penggemar Timnas Indonesia atas harga tiket yang dinilai mahal itu. Dia mengakui, kenaikan harga tiket ini demi kebaikan Timnas Indonesia juga.

“Jadi minta maaf banget terpaksa kita lakukan hanya untuk supaya timnas kita bisa bertanding tanpa memikirkan uang. Tapi mereka tahu hanya bertanding. Sekali lagi saya minta maaf,” katanya.

Harga tiket pertandingan Timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menuai polemik. Harga termurah tiket pertandingan Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina sebesar Rp250.000.

Angka ini naik Rp150.000 jika dibandingkan harga tiket pertandingan Skuad Garuda saat bersua Vietnam pada 21 Maret 2024 lalu (Rp100.000). Kenaikan ini menuai protes dari para penggemar Timnas Indonesia.
 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut