get app
inews
Aa Read Next : Yoyok-Joss Terima Pesan Pemeluk Hindu Tentang Perda Kerukunan Umat Beragama di Semarang

Gedung Baru Kantor Kecamatan Semarang Tengah Diresmikan

Senin, 20 Mei 2024 | 15:17 WIB
header img
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memberikan potongan tumpeng kepada Camat Semarang Tengah Aniceto Magno Da Silva. (iNews / Mualim)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meresmikan gedung baru Kantor Kecamatan Semarang Tengah yang terletak di Jalan Taman Seteran Barat No.1, Miroto, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Senin (20/5/2024). 

Gedung warna putih tersebut berdiri dua lantai dengan nuansa eropa terlihat cantik dengan tangga melingkar dan taman serta kolam ikan memberikan kesan megah dan mewah untuk sebuah kantor setingkat kecamatan. 

Secara simbolis, Mbak Ita sapaan akrab Wali Kota memotong tumpeng dengan disaksikan Camat Semarang Tengah Aniceto Magno Da Silva dan forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkompimcam) serta tamu undangan lainnya.

Menurut Mbak Ita, dengan peresmian ini, kantor kecamatan semarang tengah bisa lebih meningkatkan pelayanan masyarakat.

Ia berharap agar kecamatan lain bisa mencontoh kepada Kecamatan Semarang Tengah yang bisa memberikan manfaat kepada warga masyarakat di lingkungannya.

“Kecamatan ini bisa menjadi percontohan bagi kecamatan lainya, karena kecamatan di tengah kota dengan fasilitas yang komplit, semua tergantung dari camatnya, tentunya  dengan peresmian, semoga bisa menjadikan kantor ini menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat,” kata Mbak Ita.

Mbak ita mengaku senang dengan fasilitas yang ada di kecamatan Semarang Tengah karena semua terlihat bersih dan terpelihara dengan baik.

“Saya senang karena fasilitas kantor kecamatan yang lengkap, ada fasilitas olahraga, gedung pertemuan, urban farming , karena diopeni sehingga bersih dan terawat,” ucapnya.

Semua fasilitas itu, ungkap Mbak Ita, benar-benar memberikan manfaat bagi warga, terbukti di dalam area kantor kecamatan ini terdapat urban farming, sehingga bisa dijadikan untuk ketahanan pangan.

"Anak-anak stunting bisa diberikan dari  gedung ini. Ini sudah menyatu, ada ikan, tanaman yang bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Mbak ita mengapresiasi peran serta dari LMPK, PKK maupun pihak kecamatan yang menjaga fasilitas milik pemerintah daerah itu sehingga bisa memberikan manfaat bagi warga sekitar.

Camat Semarang Tengah Aniceto Magno Da Silva mengatakan, perombakan gedung kantor Kecamatan Semarang Tengah secara fisik adalah menambah ornamen dan tanpa pagar pembatas gedung.

“Memang gedungnya tampak depan yang kita rubah dengan nambah ornamen, yang gedung aslinya tidak dirubah, tapi kita hanya rubah gedung depan, dan satu-satunya kantor yang tidak punya pagar kantor kecamatan Semarang Tengah, itu filosofinya bahwa tidak ada ruang sekat antara kita sama masyarakat” kata pria yang akrab disapa Bang Amoy ini.

Menurut Amoy, kantor kecamatan ini dibuat berbeda dengan kantor yang lain karena tujuan dari perombakan gedung ini tidak hanya untuk pelayanan tapi juga untuk tempat wisata.

“Saya memang punya konsep bahwa gedung kecamatan ini kita buat beda sama yang lain, beda dalam arti bahwa gedung ini memang utamanya untuk pelayanan pada masyarakat. Yang kedua, kami rombak kantor kecamatan ini menjadi kantor wisata," ungkapnya.

Bukti bahwa kantor Kecamatan menjadi tempat wisata, lanjut Amoy, setiap Sabtu Minggu kantor itu penuh dengan masyarakat yang berolahraga. Selain itu, gedung Kecamatan juga dipakai untuk acara pernikahan, urban farming dan lain sebagainya.

Selain itu, imbuhnya, pemanfaatan fasilitas dan gedung di komplek kantor kecamatan diharapkan bisa menambah Pendapatan Asli Daerah yang bisa menambah uang kas kecamatan sehingga bisa digunakan untuk operasional dan biaya pemeliharaan.
 
"Kami punya lapangan volly, lapangan basket, tempat parkir, lalu PKL, kita juga punya gantangan dan lain sebagainya, sehingga kantor ini bisa menjadi kantor penghasil PAD. Pendapatan satu tahun sementara ini ditarget Rp150 juta,” kata Amoy.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut