get app
inews
Aa Read Next : Lanjutkan Tren Positif, Kemenkumham Jateng Penuhi Data Dukung Pelaksanaan RB Dengan Sempurna

Kemenkumham Jateng Berikan Pengarahan di Rutan Pekalongan

Kamis, 23 Mei 2024 | 10:02 WIB
header img
Kadivmin Kemenkumham Jateng Anton Edward Wardhana saat memberikan pengarahan di Rutan Pekalongan, Rabu (22/5/2025). Foto: Dok.

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Anton Edward Wardhana, menyebut integritas merupakan keharmonisan antara buah pikiran, ucapan dan tindakan.

"Intinya, harus ada keselarasan antara apa yang kita pikirkan, apa yang kita ucapkan, apa yang kita lakukan," jelas Anton mewakili Kakanwil Tejo Harwanto, dalam pengarahannya di Rutan Kelas IIA Pekalongan, Rabu (22/5/2024).

"Sekali lagi, cara berpikir, ucapan dan tindakan itu yang harus diselaraskan, dan ini harus ditanamkan," sambungnya.

Kadivmin juga menilai, pembangunan zona integritas harus dibangun secara kolektif. Kesamaan pandangan dan komitmen menjadi harga mati.

"Jadi tidak hanya sekedar penguatan individu, tapi juga harus kita internalisasikan secara menyeluruh ke seluruh bagian," kata Anton.

"Kepada rekan kerja, mitra kerja dan kepada keluarga kita, bahwa kita ingin serius untuk membentuk zona integritas," tambahnya.

Di paparan berikutnya, Kadivmin mengatakan esensi pembangunan zona integritas bukan terbatas hanya pada sebuah kegiatan kontestasi, sekadar pemenuhan data dukung dan bukan semata-mata untuk meraih penghargaan.

"Pembangunan zona integritas adalah bagaimana kita di lingkungan kerja melalui berbagai perubahan serta perbaikan, yang terencana secara masif, komprehensif, sistematis dan inovatif," papar Anton.

“Membangun zona integritas berarti membangun manusia, membangun sistem, membangun mind set dan culture set yang lebih baik. Serta integritas dibangun dengan komitmen dan konsistensi mulai dari pimpinan hingga pada level terbawah," imbuhnya.

Pria 50 tahun ini memaparkan terkait hal-hal yang harus diperhatikan oleh Unit Pelaksana Teknis agar berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Ia juga menguraikan tentang catatan keberhasilan unit kerja untuk meraih predikat tersebut.

Ditambah beberapa catatan penting dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan harus dihindari dalam pembangunan zona integritas.

Hadir pada kegiatan ini, Kepala Rutan Pekalongan, Sastra Irawan dan jajarannya Kepala Bapas Pekalongan, Agus Nugroho, Kepala Rupbasan Pekalongan, Donny Setyawan dan perwakilan dari Kanim Pemalang.

Sebelumnya, Kadivmin yang didampingi Kepala Bagian Umum, Anton Tri Oktabiono dan Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi, Hazmi Saefi, lebih dulu melakukan monitoring terhadap beberapa ruang layanan dan fasilitas pendukung di Rutan Pekalongan.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut