get app
inews
Aa Read Next : Usir Rasa Bosan Tunggu Antre Tampil, Peserta Audisi Indonesian Idol di Semarang Nyanyi Bersama

Sepuluh Anggota Panwaslu Kelurahan se-Kecamatan Ngaliyan Resmi Dilantik

Sabtu, 01 Juni 2024 | 16:47 WIB
header img
Ketua Panwascam Ngaliyan, Dwi Ariyanto melantik sepuluh anggota Panwaslu Kelurahan se-Kecamatan Ngaliyan di Hotel New Puri Garden, Semarang. (iNews / Mualim)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Sebanyak 10 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kelurahan se-Kecamatan Ngaliyan secara resmi dilantik di Hotel New Puri Garden, Jalan Tawangsari Kecamatan Semarang Barat, Sabtu (1/6/2024) siang.

Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua Panwascam Ngaliyan, Dwi Ariyanto disaksikan oleh Anggota Bawaslu Kota Semarang Silvania Susanti, Camat Ngaliyan Moeljanto, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Zaenal Arifin serta perwakilan dari Polsek dan Koramil Ngaliyan.

Ketua Panwascam Ngaliyan, Dwi Ariyanto, menyatakan bahwa sebagian besar anggota Panwaslu Kelurahan yang dilantik hari ini merupakan wajah lama. Dari sepuluh kelurahan di Kecamatan Ngaliyan, terdapat tiga wajah baru yang bergabung dalam jajaran Panwaslu Kelurahan.

Menurutnya, perubahan tersebut dilakukan melalui proses seleksi penerimaan anggota Panwaslu Kelurahan.

"Nah, dari Panwaslu Kelurahan yang dilantik hari ini, ada perubahan di tiga kelurahan dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya. Kelurahan Ngaliyan, Kelurahan Purwoyoso, dan Kelurahan Gondoriyo adalah tiga kelurahan yang mengalami perubahan. Secara kuota, keterpenuhan 30 persen perempuan untuk Pilkada serentak ini terpenuhi," ujarnya.

Dwi mengatakan bahwa hingga saat ini, Panwascam Ngaliyan sudah melakukan koordinasi dengan PPK untuk pemetaan TPS. Pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden sebelumnya, Kecamatan Ngaliyan memiliki 394 TPS. Sedangkan untuk Pilkada kali ini, sementara terdapat 204 TPS yang tersebar di 10 kelurahan.

"Kelurahan Gondoriyo memiliki 10 TPS, Podorejo 14, Bringin 27, Purwoyoso 22, Kalipancur 28, Bambankerep 8, Ngaliyan 20, Tambak Aji 31, Wonosari 36, dan Wates 8. Masing-masing TPS maksimal menampung 600 pemilih," jelasnya.

Dwi juga mengungkapkan bahwa Panwascam Ngaliyan telah melakukan pemetaan tingkat kerawanan TPS di beberapa kelurahan. Wilayah Wonosari misalnya, rawan banjir saat hujan deras karena posisinya yang rendah. Sementara itu, wilayah Purwoyoso dan Bambankerep, yang berada di ketinggian, rawan longsor.

"Harapan kami sebagai Panwaslu Kecamatan Ngaliyan kepada teman-teman yang baru dilantik adalah bekerja dengan sungguh-sungguh. Integritas adalah harga mati, dan bekerjalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ucap Dwi Ariyanto.

Camat Ngaliyan, Moeljanto, yang hadir dalam pelantikan tersebut berpesan kepada anggota Panwaslu Kelurahan yang baru saja dilantik agar melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi, amanah, tanggung jawab, dan profesionalisme.

"Dengan demikian, pelaksanaan Pemilu serentak ini dapat berjalan secara demokratis, LUBER, dan JURDIL, sehingga akan terpilih pemimpin-pemimpin terbaik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sesuai dengan pilihan rakyat, tanpa ada ekses yang tidak diinginkan," ucap Moeljanto.

Untuk mendukung kelancaran tugas para anggota Panwaslu Kelurahan, Moeljanto menyatakan telah memerintahkan semua Lurah se-Kecamatan Ngaliyan untuk membantu dan memfasilitasi pekerjaan serta kegiatan tersebut.

Hal tersebut dilakukan sebagai wujud dukungan Pemerintah Kota Semarang dalam kelancaran proses pemilihan kepala daerah serentak, guna memilih pemimpin sesuai yang diharapkan oleh masyarakat.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut