get app
inews
Aa Read Next : Putranya Cetak Gol Bunuh Diri, Ibunda Pratama Arhan Minta Maaf: Mohon Jangan Dihujat

Dilepas Gratis, Pratama Arhan Jadi 10 Pemain Termahal Tokyo Verdy, Berapa Nilai Pasarnya?

Senin, 21 Februari 2022 | 01:56 WIB
header img
Pratama Arhan masuk 10 daftar pemain termahal di klub terbarunya, Tokyo Verdy. Foto: Instagram/@pssi

TOKYO, iNewsSemarang.id – PSIS Semarang telah resmi melepas pemain andalannya yang sedang moncer Pratama Arhan. Menariknya, meski dilepas tanpa fee transfer sepeser pun, nilai pasaran bek kiri Timnas itu masuk dalam 10 besar pemain termahal di klub barunya Tokyo Verdy.

Sebagai pengingat, klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy, resmi mengumumkan perekrutan pemain asal Indonesia, Pratama Arhan, melalui medsos klub pada Rabu 16 Februari 2022. Dia dikontrak selama dua tahun oleh klub tersebut.

Adapun sang pemain ditransfer secara permanen dari PSIS Semarang. Pria asal Blora, Jawa Tengah, itu akan mengenakan nomor punggung 38 di klub tersebut. Kabar ini lantas mengejutkan pecinta sepak bola Tanah Air.

Arhan dijadwalkan berangkat ke Jepang pada Jumat 25 Februari 2022. Ini akan menjadi pengalaman pertamanya berkiprah di kompetisi sepakbola luar negeri. Sang pemain pun diharapkan dapat menampilkan performa terbaik di sana.

Menariknya, pemain muda terbaik Piala AFF 2020 itu memiliki nilai pasar yang tidak kalah besar dengan pemain lain di klub tersebut. Bahkan, Arhan ternyata masuk 10 besar pemain termahal Tokyo Verdy.

Dilansir dari situs Transfermarkt, pria berusia 23 tahun itu bisa dikatakan berada di posisi ke-10 dalam daftar pemain dengan nilai pasar terbesar di Tokyo Verdy. Hal itu dapat terlihat jelas dalam daftar skuad Tokyo Verdy pada musim depan di situs tersebut.

Sebagai informasi, Pratama Arhan memiliki nilai pasar sebesar 325 ribu euro (Rp5,2 miliar). Jumlah itu tergolong besar dibandingkan dengan pemain lain di Tokyo Verdy. Adapun pemain termahal di klub tersebut bernama Rihito Yamamoto.

Rihito sejatinya masih berusia 20 tahun. Meski begitu, nilai pasarnya telah mencapai 700 ribu euro (Rp11 miliar). Pemain yang berposisi asli sebagai gelandang bertahan ini merupakan pemain vital di Tokyo Verdy. Dia hampir tidak tergantikan mengisi starting XI klub di setiap laga.

Pemain termahal kedua di klub tersebut bernama Ryoga Sato. Pria berusia 23 tahun itu memiliki nilai pasar sejumlah 600 ribu euro (Rp9,7 miliar). Pria yang berposisi sebagai striker ini memang tampil begitu produktif bersama klub musim lalu, sehingga wajar dia memiliki nilai pasar yang tinggi.

Arhan menempati posisi ke-10 dalam daftar pemain termahal klub. Meski begitu, usia pemain asal Indonesia itu masih muda. Dia diyakini masih bisa berkembang dan mengalami peningkatan nilai pasar secara signifikan di masa mendatang.

Dengan usia yang masih muda itu, membeli Pratama Arhan jelas bisa menjadi prospek panjang Tokyo Verdy. Meski memang kontraknya berdurasi dua tahun, bukan berarti takkan diperpanjang jika Pratama Arhan sukses tampil gemilang saat bermain di Jepang.

Diberitakan, PSIS Semarang secara resmi melepas Pratama Arhan. Yang mengherankan, pemain Timnas U-23 kesayangan Shin Tae-yong itu dilepas ke klub Jepang, Tokyo Verdy, tanpa fee transfer sepeser pun.

Pemain bernama lengkap Pratama Arhan Alif Rifai, yang berusia 20 tahun per akhir tahun 2021 kemarin, dilepas secara cuma-cuma oleh Mahesa Jenar untuk memberi kesempatan kepada sang “Wonderkid PSIS” memulai memulai karier barunya di klub sepakbola internasional.

Yoyok Sukawi selaku Chief Executive Officer (CEO) PSIS mengatakan pelepasan Pratama Arhan tanpa fee transfer sebagai wujud dukungan manajemen kepada pemain berbakat untuk berkarir di sepakbola internasional. Yoyok berharap, dengan kesempatan itu, pemain asal Blora, Jawa Tengah itu, kelak dapat menyumbangkan prestasi bagi Timnas Indonesia.

“Hari ini dengan rasa bangga dan senang, kami umumkan kalau wonderkid PSIS jebolan Akademi PSIS, Pratama Arhan resmi kami lepas ke klub Jepang Tokyo Verdy,” ujar Yoyok Sukawi di Semarang, Rabu (16/2).

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut