get app
inews
Aa Read Next : Ditinggal Ngojek, Rumah Warga Mororejo Ludes Terbakar

Diduga Akibat Hubungan Arus Pendek, Toko Alat Rumah Tangga di Ambarawa Terbakar

Sabtu, 15 Juni 2024 | 16:39 WIB
header img
Lokasi kebakaran di lingkungan Pandeyan, Kecamatan Ambarawa. (Ist)

UNGARAN, iNewsSemarang.id - Sebuah toko peralatan rumah tangga di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, mengalami kebakaran pada Sabtu dini hari, 15 Juni 2024, sekitar pukul 03.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang lokasinya terletak di komplek pertokoan sekitar Pasar Projo Ambarawa ini.

"Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran di komplek pertokoan Jl. Gamblok, lingkungan Pandeyan Kelurahan Lodoyong, Kecamatan Ambarawa pada Sabtu dini hari," ungkap Kapolsek Ambarawa AKP Abdul Mufid, SH. MH.

Lebih lanjut, Kapolsek menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Tetangga korban, Fransiska (44 tahun), sekitar pukul 03.00 WIB mendengar bunyi ledakan. Setelah dicek, sumber suara ternyata berasal dari lantai bawah toko alat rumah tangga "Libra" milik Arif Suteja (59 tahun).

Fransiska segera memberitahukan warga sekitar serta melaporkan kejadian tersebut ke Polsek dan unit Damkar Ambarawa.

"Saat kami tiba di lokasi, karyawan toko Libra (Ndaru, 22 tahun) sudah bisa keluar dengan melompat dari lantai dua. Namun, di dalam toko di lantai dua masih ada istri pemilik toko (Yatte, 63 tahun) dan anaknya (Jefri, 28 tahun). Pemilik toko sendiri saat kejadian berada di rumah lain di daerah Kaliputih, Panjang, Kecamatan Ambarawa," ungkap Kapolsek.

Petugas Damkar, Polsek, relawan, dan masyarakat bergotong royong membantu mengevakuasi istri dan anak pemilik toko serta memadamkan api. Diketahui bahwa istri pemilik toko (Yatte) sedang mengalami sakit stroke.

"Istri pemilik toko mengalami luka lecet saat evakuasi dari lantai dua dan saat ini sudah dibawa ke RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo Ambarawa untuk mendapatkan perawatan," tambah Kapolsek.

Sekitar pukul 07.15 WIB, api berhasil dipadamkan dengan mengerahkan enam unit mobil Damkar dari Unit Damkar Ambarawa, Bringin, dan Getasan. Kerugian materiil dari peristiwa tersebut diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Saat penyisiran bersama regu Damkar, personel Polsek Ambarawa menemukan dua brankas milik korban dan sudah kami serahkan kepada pemilik toko. Dugaan awal penyebab kebakaran adalah hubungan arus pendek (konsleting) yang berasal dari lantai satu toko tersebut," pungkas Kapolsek.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut