get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Akan Berkantor di IKN Mulai Hari Ini hingga Purnatugas

Megawati Absen Upacara HUT RI di IKN, Ini Alasannya

Selasa, 13 Agustus 2024 | 16:28 WIB
header img
Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati. (Foto: Aldi Chandra)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dipastikan absen dalam upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus mendatang. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua DPP PDI-Perjuangan (PDIP) Djarot Syaiful Hidayat.

Dia mengungkapkan alasan Megawati absen karena telah dijadwalkan memimpin upacara di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Ibu Mega diagendakan untuk mimpin upacara 17-an di Sekolah Partai," kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2024).

Menurut dia, keputusan ini diambil Megawati untuk memenuhi aspirasi para kader PDIP yang meminta presiden kelima itu menjadi inspektur upacara.

"Itu permintaan dari bawah," ujar Djarot.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan partainya akan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di Sekolah Partai. Ada permohonan kuat dari kader-kader partai agar Megawati hadir dan memimpin upacara tersebut.

“Kali ini ada permohonan dari kader-kader PDI Perjuangan agar Ibu Mega berkenan hadir di Sekolah Partai. Jadi, nanti Ibu Mega yang akan memutuskan,” ujar Hasto, Jumat (9/8/2024).

Ketika ditanya lebih lanjut apakah ini menandakan Megawati akan absen dari upacara kenegaraan di IKN, Hasto menjelaskan bahwa dirinya hanya meneruskan aspirasi dari kader partai. 

“Kami tadi rapat dengan teman-teman di Jakarta, mereka mengusulkan agar Ibu Mega berkenan hadir di Sekolah Partai,” katanya. (Arni Sulistiyowati)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut