get app
inews
Aa Read Next : Kelompok Beringas Teror Semarang, Satu Nyawa Mahasiswa Melayang di Jalan Kelud Raya

Survei Y-Publica: Agustina-Iswar Unggul di Pilwakot Semarang

Senin, 16 September 2024 | 20:58 WIB
header img
Rilis survei Y-Publica terkait peta politik pilkada Semarang. (Mualim / Dok Y-Publica)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Hasil survei terbaru Y-Publica yang dilakukan pada 7-12 September 2024 menunjukkan pasangan Agustina Wilujeng Pramestuti dan Iswar Aminuddin, yang diusung oleh PDI Perjuangan, unggul dalam elektabilitas dibandingkan pasangan Yoyok Sukawi dan Joko Santoso, yang diusung oleh koalisi 17 partai politik.

Menurut Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono, dalam rilis survei yang disampaikan pada Senin (16/9), pasangan Agustina-Iswar memperoleh elektabilitas sebesar 35,4 persen, sedangkan pasangan Yoyok-Joko mendapatkan 29,7 persen. 

Namun, hasil ini masih bisa berubah mengingat jumlah responden yang belum menentukan pilihan mencapai 30,2 persen, dan 4,7 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Rudi menjelaskan bahwa undecided voters sebagian besar berasal dari kalangan kelas menengah dan terpelajar yang masih menunggu masa kampanye untuk memutuskan pilihan. 

Undecided voters yang jumlahnya mencapai sepertiga dari total pemilih ini dianggap memiliki peran penting dalam menentukan hasil akhir Pilkada.

Faktor yang Mendorong Elektabilitas 

Meski baru diumumkan sebagai pasangan calon pada akhir Agustus, kesadaran publik terhadap pasangan Agustina-Iswar cukup tinggi. 

Sebanyak 56,7 persen responden mengetahui bahwa pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan, sedangkan pasangan Yoyok-Joko diketahui oleh 55,6 persen responden. 

Tingkat persetujuan terhadap pasangan Agustina-Iswar mencapai 84,6 persen, sedikit lebih tinggi dibandingkan pasangan Yoyok-Joko dengan 82,5 persen.

Keberhasilan sosialisasi pasangan Agustina-Iswar disebut Rudi tak lepas dari peran mesin partai PDI Perjuangan yang bekerja hingga ke akar rumput. 

Selain itu, pengalaman pasangan ini dalam pemerintahan menjadi salah satu alasan utama dukungan dari responden. 

Agustina memiliki rekam jejak politik yang panjang, mulai dari DPRD Kota Semarang, DPRD Provinsi Jateng, hingga DPR-RI. Sementara Iswar saat ini menjabat sebagai Sekda di Pemerintah Kota Semarang.

Alasan lain yang mendukung elektabilitas pasangan ini termasuk sikap peduli pada rakyat, bebas dari korupsi, serta visi misi yang dianggap relevan.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut