get app
inews
Aa Read Next : HUT ke-78 TNI AU, Lanud Adi Soemarmo Gelar Makan Siang Gratis hingga Pasar Murah

Calon Penerbang Pesawat Rafale Akan Berlatih di Perancis dan Dalam Negeri

Jum'at, 04 Maret 2022 | 13:35 WIB
header img
Jet tempur multi peran asal Perancis, Dassault Rafale. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Para calon penerbang profesional yang disiapkan TNI Angkatan Udara (AU) akan melakukan latihan di Prancis dan dalam negeri. Latihan ini dilakukan bagi mereka dalam mengawaki jet tempur multi peran asal Perancis, Dassault Rafale.

"Penandatanganan kontrak pembelian Rafale oleh Kemhan ini masih kita tindak lanjuti dengan proses yang lain. Karena kita menyiapkan beberapa penerbang, tapi kita belum tentukan jumlahnya," ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo usai membuka Rapim TNI AU 2022 di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (4/3/2022).

Lebih jauh dikatakan Fadjar, pihaknya juga telah menyiapkan rincian kriteria apa saja untuk bisa mengawaki pesawat tempur kenamaan tersebut. Menurut dia, latihan bagi para calon penerbang itu dilakukan di dua negara, yakni Prancis sebagai asal pabrikan dan Indonesia sendiri.

"Secara kriteria kita sudah siapkan dan yang eligible untuk bisa berangkat. Latihannya sendiri kita akan laksanakan di Prancis dan di dalam negeri," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pertahanan telah menyepakati pembelian jet tempur multi-peran asal Prancis, Dassault Rafale. Jumlah unit yang disepakati berjumlah 6.

Adapun 6 unit itu merupakan tahap pertama dari keseluruhan 42 jet yang rencananya akan diakuisisi oleh Indonesia. Dia memastikan, 36 unit lainnya akan segera menyusul dalam waktu dekat.

"Kita rencananya akan mengakuisisi 42 pesawat Rafale. Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat. Akan disusul ya dalam waktu dekat dengan kontrak untuk 36 pesawat lagi," kata Prabowo, Kamis (10/2/2022).

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut