get app
inews
Aa Read Next : Kepala BPSDM Kumham: Pelayanan Prima Lahir dari ASN yang Prima dan Cerdas

Jelang Pilkada, Kemenkumham Jateng Cek Pemenuhan Hak Warga Binaan di Rutan

Jum'at, 04 Oktober 2024 | 09:40 WIB
header img
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah terus berupaya memastikan pelayanan terhadap warga binaan pemasyarakatan. (Foto: Dok)

TEMANGGUNG, iNewsSemarang.id - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah terus berupaya memastikan pelayanan terhadap warga binaan pemasyarakatan. Untuk mengecek hal tersebut, dilakukan monitoring dan evaluasi tugas dan fungsi bidang pembinaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Wonosobo dan Rutan Kelas IIB Temanggung.

Kegiatan dilakukan Kepala Sub Bidang Pembinaan, Teknologi Informasi dan Kerjasama Divpas Jateng, Ina Purnaningati Saputro dan tim menggelar kegiatan dari tanggal 1 hingga 2 Oktober 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemenuhan layanan terhadap Warga Binaan, dan untuk mengantisipasi gangguan keamaan dan ketertiban (kamtib).

Sasaran monitoring kali ini adalah mengkroscek kesesuaian Standar Operasional Prosedur (SOP) pembinaan narapidana, pengecekan jumlah hunian masing-masing kamar, hak-hak narapidana seperti Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan pemberian Remisi, fasilitas pelayanan, fasilitas pembinaan, hingga produk karya warga binaan.

“Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Rutan Wonosobo dan Rutan Temanggung, saya melihat semua tertata dengan rapi mulai dari pintu P2U hingga saluran air sudah bersih dan rapi, semuanya ini tidak lepas dari komitmen bersama seluruh jajaran," ungkap Ina, kemarin (03/10).

Ia juga mengingatkan jelang Pemilihan Kepala Daerah 2024, memastikan hak pilih warga binaan juga terpenuhi.

"Rutan agar aktif bersinergi dengan Disdukcapil dan KPU setempat untuk saling bekerjasama dalam hal pemenuhan hak pilih warga binaan," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, beberapa warga binaan juga mengungkapkan fasilitas pelayanan maupun pengurusan hak-hak warga binaan sudah baik. Selain itu, pengurusan Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, maupun Remisi mudah dan juga tepat waktu.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto yang diwakili Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kadiyono mengapresiasi kinerja jajaran Rutan Wonosobo dan Rutan Temanggung yang sudah melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan baik.

"Pertahankan apa yang sudah baik dan optimalkan segala bentuk pelayanan dan pembinaan, baik bagi warga binaan maupun masyarakat,” pungkas Kadiyono.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut