get app
inews
Aa Read Next : Siapa Kandidat yang Akan Diusung Gerindra di Pilgub Jateng 2024? Ini Jawaban Prabowo

Prabowo, Gus Yahya dan Habib Luthfi Masuk Top 50 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

Rabu, 09 Oktober 2024 | 10:42 WIB
header img
Prabowo Subianto dan Yahya Cholil Staquf (dok. istimewa)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Nama Prabowo Subianto masuk dalam publikasi The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2025. Prabowo ada di peringkat 18 dari Top 50 jajaran tokoh muslim berpengaruh di dunia. 

Presiden RI terpilih 2024 itu berada di atas sejumlah tokoh penting dunia lainnya seperti Presiden Mesir, Abdul Fattah Said Hussein Khalil as-Sisi.

Sementara itu, di peringkat 19 ada tokoh muslim Indonesia lainnya yakni Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf. Lalu di peringkat 31 ada nama ulama asal Jawa Tengah Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

“Sepanjang karier politiknya, Prabowo telah memposisikan dirinya sebagai pemimpin nasionalis yang kuat, menekankan pembangunan ekonomi, ketahanan pangan, dan kebijakan luar negeri yang lebih tegas,” tulis The Muslim 500, dikutip Rabu (9/10/2024).

Kemenangan di Pemilu 2024 juga dinilai menambah daya tarik Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Selain itu, Prabowo disebut telah memberikan sumbangsih terhadap sesama saudara Muslim di negara lainnya, terutama di Palestina.

Pada Januari 2024, Prabowo mengirim Kapal Rumah Sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 untuk mengantarkan bantuan 240 ton logistik di jalur Gaza, bantuan uang pribadi senilai Rp5 miliar hingga pemberian beasiswa pendidikan kepada 22 mahasiswa Palestina untuk kuliah di Universitas Pertahanan.

“Kepresidenannya kemungkinan akan menandai pergeseran dalam kebijakan domestik dan luar negeri Indonesia, yang berpotensi merepresentasikan peran negara itu di Asia Tenggara dan di panggung global,” tulis The Muslim 500.

Sementara Yahya Cholil Staquf dinilai sebagai pemimpin salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. PBNU disebut mengajarkan cinta dan kasih sayang secara universal.

"Nahdlatul Ulama telah memberikan sumbangan amal yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia dalam bidang pengembangan pendidikan, kesehatan, dan penanggulangan kemiskinan," kata publikasi tersebut.

Selain Gus Yahya, Habib Luthfi juga dianggap sebagai tokoh penting NU yang sering menjadi pembicara di konferensi-konferensi Islam internasional. (Arni Sulistiyowati) 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut