get app
inews
Aa Read Next : Daftar Menteri Jokowi yang Dipanggil Probowo ke Kertanegara, Ada AHY hingga Zulhas

Panen Raya Hasil Pertanian Lapas Terbuka Kendal, Terong Hijau Jadi Bintang Utama

Selasa, 15 Oktober 2024 | 10:16 WIB
header img
Panen Raya Hasil Pertanian Lapas Terbuka Kendal. Foto: Dok

KENDAL, iNewsSemarang.id - Kanwil Kemenkumham Jateng terus mendorong Lembaga Pemasyarakatan meningkatkan program pembinaan, agar memberikan manfaat bagi pelayanan masyarakat. Salah satunya adalah dengan peningkatkan keterampilan dan produktivitas warga binaan. 

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Lapas Produktif , Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kendal kembali menggelar panen raya. Kali ini, giliran terong hijau yang menjadi bintang utama dalam kegiatan tersebut. Hasil panen yang melimpah membuktikan keberhasilan program pembinaan berbasis pertanian yang telah berjalan di lapas, Senin (14/10).

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Tejo Harwanto memberikan apresiasi atas keberhasilan panen raya di Lapas Terbuka Kendal.

 

"Tentu ini menjadi bukti program pembinaan di Lapas Terbuka berjalan baik, khususnya dalam bidang pertanian, "kata Tejo Harwanto.

Kegiatan panen raya ini melibatkan petugas dan seluruh warga binaan yang tergabung dalam kelompok tani lapas. Dengan semangat gotong royong, mereka memanen terong hijau yang tumbuh subur di lahan pertanian lapas. 

Kepala Lapas, Roni Darmawan yang turut serta terjun langsung dalam kegiatan panen raya ini menuturkan, Kegiatan panen raya ini menjadi momen penting bagi para warga binaan untuk merasakan hasil jerih payah mereka. Dengan tangan terampil, mereka telah berhasil mengolah lahan menjadi ladang hijau yang produktif.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian warga binaan dalam kegiatan pertanian ini. Panen raya terong hijau ini membuktikan bahwa dengan kesungguhan dan bimbingan yang tepat, mereka mampu menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Ke depan, kami akan terus mengembangkan program ini” tutur Roni.

Dalam panen raya terong hijau periode pertama minggu ini diperkirakan hasil panen menyentuh 150 Kg.

“Dilihat dari ukuran yang tergolong jumbo dan kuantitas yang cukup banyak, untuk periode pertama kami perkirakan akan menyentuh 150 Kg” ujar Puji Raharjo, Kasubsi Kegiatan Kerja.

Lebih lanjut Puji menuturkan, Tidak hanya terong hijau, Lapas Terbuka Kendal juga membudidayakan berbagai jenis tanaman lainnya seperti terong ungu, cabai, jagung, mangga, jambu, kelapa kopyor, pisang hingga koropedang. 

“Selain diberikan untuk WBP Lapas Terbuka Kendal dalam bentuk premi, hasil jual terong hijau juga disetorkan ke Negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)” pungkasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut