SEMARANG, iNewsSemarang.id - Tingkatkan kesadaran santri di Indonesia akan perubahan positif, kreativitas, serta kepemimpinan, ParagonCorp secara resmi meluncurkan program Santri Generasi Keren. Peluncuran progam ini dilakukan saat memperingati Hari Santri tahun 2024 dan melibatkan 10 pesantren sebagai peserta utama.
Progam yang diluncurkan perusahaan kosmetik Nasional terbesar di Indonesia yang menaungi brand Wardah, Make Over, Emina, Kahf, Putri, Laboré, Biodef, Instaperfect, Crystallure, Tavi, Wonderly, OMG, Beyondly dan Earth Love Life, mendapatkan dukungan penuh dari Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah.
Vice President of Commercial di ParagonCorp, Alfia Wardah menyampaikan, progam Santri Generasi Keren menitikberatkan pada tiga aspek utama: Generasi Bersih dan Rawat Diri, Generasi Berdampak (terhadap lingkungan), dan Generasi Kreatif.
Dikatakan, program ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran santri akan pentingnya kebersihan diri dan lingkungan, mendorong mereka untuk memanfaatkan media digital secara kreatif, serta mengembangkan kemampuan kepemimpinan agar dapat memimpin perubahan positif di lingkungan mereka.
Melalui pendekatan ini, lanjutnya, santri diharapkan tidak hanya lebih sadar akan kebersihan sebagai bagian dari perilaku hidup sehat, tetapi juga menjadi lebih kreatif dan produktif dalam era digital yang terus berkembang.
Salah satu program inti dari inisiatif ini adalah Bootcamp Santri Generasi Keren, yang bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan praktis dan wawasan, mulai dari menjaga kebersihan diri serta lingkungan, memanfaatkan teknologi digital secara bijak, hingga mengasah kemampuan kepemimpinan. Harapannya, para santri dapat menjadi agen perubahan di pesantren dan masyarakat luas.
"Kami percaya santri memiliki potensi besar untuk memimpin dan menjadi agen perubahan di masyarakat. Melanjutkan berbagai kegiatan Paragon Goes to Pesantren beberapa tahun terakhir, Paragon ingin menguatkan kontribusi mengembangkan santri melalui program Santri Generasi Keren, Program ini kami rancang untuk memberikan bekal yang komprehensif, mulai dari kebersihan diri dan lingkungan, kreativitas digital, hingga kepemimpinan yang kuat," ujar Alfia Wardah, Rabu (23/10/2024).
Ia juga menambahkan, Wardah, sebagai salah satu merek halal produk kecantikan yang dikembangkan oleh ParagonCorp, berawal dari kerja sama perusahaannya dengan salah satu pesantren.
"Kolaborasi ini menjadi fondasi bagi Wardah untuk berkembang, dan melalui program Santri Generasi Keren, kami ingin terus mendukung pesantren beradaptasi dengan perkembangan zaman, serta mempersiapkan santri menjadi pemimpin masa depan," ujarnya.
Setelah peluncuran ini, Santri Generasi Keren akan diikuti dengan berbagai program lanjutan, termasuk Mentoring Santri Generasi Keren dan Awarding Santri Generasi Keren, yang akan memberikan penghargaan kepada santri berprestasi. ParagonCorp berharap program ini dapat menyebar ke lebih banyak pesantren di seluruh Indonesia, serta melibatkan lebih banyak mitra untuk kolaborasi yang lebih luas.
Inisiatif ini merupakan wujud nyata komitmen ParagonCorp dalam mendukung pengembangan generasi muda Indonesia, khususnya santri, agar mereka siap menghadapi tantangan zaman, kreatif, dan mampu menjadi pemimpin perubahan.
Dukungan berbagai pihak diharapkan dapat mempercepat tercapainya tujuan program ini, menjadikan santri sebagai agen perubahan di seluruh negeri.
KH Abdul Ghaffar Rozin, Ketua PWNU Jawa Tengah, turut mengapresiasi inisiatif ParagonCorp.
"Kami sangat menghargai langkah nyata Paragon dalam mendukung pengembangan para santri di pesantren. Program ini bukan hanya mengajarkan pentingnya kebersihan dan kreativitas di era digital, tetapi juga mempersiapkan santri untuk menjadi pemimpin yang mampu membawa perubahan positif di masyarakat. Kolaborasi seperti ini sangat diperlukan agar pesantren tetap relevan dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa," ujar Gus Rozin.
Editor : Agus Riyadi