get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Kota Semarang, Dua Kader Demokrat Melamar ke PKB

Kereta Api Kamandaka Relasi Cilacap - Semarang Tawang Mulai Operasi 11 Maret 2022

Senin, 07 Maret 2022 | 22:25 WIB
header img
KA Kamandaka Relasi Cilacap-Semarang Tawang dengan kelas ekonomi premium dibuka mulai 11 Maret 2022. Foto: Ist

BANYUMAS, iNewsSemarang.id - KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang pergi pulang (PP) akan dibuka mulai 11 Maret 2022. Pada tahap awal akan dioperasikan pada 11-13 Maret dan 18-20 Maret 2022.

Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, pengoperasian KA Kamandaka untuk mengakomodasi permintaan masyarakat Cilacap dan sekitarnya yang menginginkan bepergian ke Semarang dan sekitarnya dengan menggunakan kereta api.

Selain itu, pengoperasiannya juga dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta perluasan layanan, sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian dengan menggunakan kereta api.

"Pada masa pandemi Covid-19, KAI terus berupaya untuk berinovasi dengan menghadirkan KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang PP agar dapat membantu konektivitas dan mobilitas masyarakat melalui transportasi kereta api," katanya.

KA Kamandaka untuk sementara terdiri atas satu kelas layanan, yaitu ekonomi premium dengan kereta stainless steel. Menurut dia, KA Kamandaka diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada pukul 13.55 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 20.22 WIB.

Dalam perjalanannya, KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang melayani penumpang di sejumlah stasiun, yakni Maos, Kroya, Purwokerto, Bumiayu, Prupuk, Slawi, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, dan Semarang Poncol.

Sementara relasi Semarang Tawang-Cilacap, diberangkatkan dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 07.00 WIB dan tiba di Stasiun Cilacap pada pukul 13.22 WIB. Dalam perjalanannya, KA ini melayani penumpang di Stasiun Semarang Poncol, Weleri, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Slawi, Prupuk, Bumiayu, Purwokerto, Kroya, dan Maos.

Tiket KA sudah dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access dan kanal eksternal yang telah ditentukan.

“Untuk menarik minat masyarakat menggunakan KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang PP yang termasuk KA aglomerasi, akan diberlakukan tarif promo dengan harga mulai Rp70.000, serta tarif khusus sebesar Rp20.000 untuk relasi Cilacap-Purwokerto PP yang dapat dilayani dua jam sebelum keberangkatan dan selama tempat duduk masih tersedia," kata Daniel.

Ia mengatakan, KAI berkomitmen menerapkan protokol kesehatan sesuai yang telah ditetapkan pemerintah pada masa pandemic. Tujuannya agar setiap pelanggan merasa aman dan nyaman saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan menggunakan kereta api.

Menurut dia, hal itu untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang sehat, selamat, aman, dan nyaman sampai di stasiun tujuan.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut