get app
inews
Aa Read Next : Ingat Jangan sampai Telat! Laporan SPT Pajak Tinggal 7 Hari Lagi

Warung Bakso di Magelang Ditutup Permanen karena Menolak Pasang Tapping Box

Selasa, 22 Maret 2022 | 21:50 WIB
header img
Foto: Antara

MAGELANG, iNewsSemarang.id - Warung Makan Bakso Balungan Pak Granat di Jalan Magelang-Yogyakarta, Blabak, Mungkid, ditutup secara permanen karena tidak bersedia memasang "tapping box" atau alat perekam transaksi.

Kasi Penindakan Satpol PP Pemkab Magelang Dolut Tuge di Magelang, Selasa (22/3/2022), mengatakan sebelum ditutup secara permanen, pihaknya telah beberapa kali melakukan pendekatan persuasif. 

Teguran dan musyawarah dengan pemilik warung selaku wajib pajak telah dilakukan. Meski demikian, upaya tersebut tetap tidak membuahkan titik temu. Pemilik warung tetap bersikeras menolak pemasangan alat perekam transaksi.

"Sebelumnya kami sudah memberikan pembinaan dan musyawarah, tetapi pemilik tetap menolak memasang 'tapping box' sehingga akhirnya rumah makan ditutup sementara. Kemudian sebelum masuk 30 hari, yakni pada 18 Maret 2022 yang bersangkutan kami panggil ke Satpol PP untuk musyawarah kembali agar mau memasang 'tapping box' sesuai aturan Perbup Nomor 44 Tahun 2021 dan kemudian membayar pajak," katanya.

Namun, katanya, pemilik rumah makan tersebut tidak berubah pikiran dan tidak mau memasang "tapping box", pemilik rumah makan justru setuju tempat usahanya tersebut ditutup secara permanen oleh petugas gabungan.

"Sampai terakhir pemilik tetap menolak untuk memasang 'tapping box' dan merelakan rumah makan ditutup secara permanen," katanya.

Sekretaris Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Magelang Farnia Berliani menyampaikan selama ini Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat tidak memiliki izin.

"Jadi, memang di dalam sistem ini merupakan permintaan KPK bahwa ketika suatu usaha belum memenuhi ketentuan perpajakan, maka izin usahanya belum bisa diproses," katanya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut