Binus University Semarang Gelar Techtopia 2025, Siapkan Generasi Berkarier di Revolusi Industri 4.0

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Binus University Semarang menggelar Techtopia yang berlangsung pada 23 hingga 26 Juli 2025 di kampus setempat.
Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan para pelajar SMA/SMK agar siap menempuh pendidikan, berkarya dan berkarir secara profesional di industri sebagai talent yang berkualitas, sekaligus menjunjung semangat Industri Revolusi 4.0.
Techtopia menjadi penting dan relevan karena kegiatan ini dirancang khusus untuk membantu siswa SMA/SMK, terutama di wilayah Jawa Tengah dan DIY, dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia perkuliahan dan kerja di era digital.
Selama empat hari, Techtopia menawarkan berbagai aktivitas menarik dan bermanfaat yang memberikan gambaran nyata mengenai kehidupan di kampus.
Acara ini memberikan bekal bagi siswa untuk tidak hanya memahami teori, tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan tuntutan dunia kerja. Lebih dari sekadar acara edukatif, Techtopia menjadi bagian dari pendekatan transformasional BINUS dalam merespons tantangan Revolusi Industri 4.0 dan era society 5.0.
Dengan menghadirkan pengalaman berbasis praktik, sesi bersama alumni yang telah sukses di dunia profesional, hingga dialog dengan pelaku industri, acara ini memberikan gambaran nyata tentang relevansi kurikulum Binus dengan kebutuhan pasar kerja.
Techtopia hadir sebagai perwujudan dari visi tersebut. Acara ini menghadirkan rangkaian kegiatan yang istimewa dan beragam, termasuk Unlocking Your Passion (Career Workshop): Menghadirkan Imam Sumantri selaku Chief Marketing Officer Speedwork Indonesia yang juga merupakan Binusian.
Sesi ini memberikan gambaran nyata bagi peserta mengenai bagaimana keterampilan dasar seperti membangun relasi, berpikir strategis, dan adaptasi terhadap teknologi menjadi kunci dalam membentuk karier yang relevan di era digital. Antusiasme peserta terlihat dari interaksi yang hangat dan diskusi yang menginspirasi.
“Acara seperti Techtopia sangat penting selain karena memberikan eksposur, membangun jejaring, dan memperkuat kepercayaan diri pelajar untuk melihat masa depan sebagai sesuatu yang bisa mereka bentuk sendiri,” kata Imam Sumantri, Chief Marketing Officer Speedwork Indonesia, Rabu (23/7).
“Di saat yang sama saya sebagai Alumni Binus University juga bisa berbagi cerita mengenai perjalanan profesional saya, dan memberikan testimoni dan bahwa apa yang dipelajari di BINUS University tempat saya berkuliah dulu, sangat relevan dengan kebutuhan industri saat ini,” ujarnya.
Techtopia ini juga diharapkan dapat menjadi momentum awal yang menyenangkan dan bermakna bagi para siswa SMA/SMK untuk mulai membangun relasi, menggali minat, serta menumbuhkan motivasi dan rasa percaya diri sebelum secara resmi memulai perjalanan akademik di lingkungan kampus yang inovatif dan inklusif.
“Sebagai bagian dari visi Binus University Semarang sebagai Campus of Industry Revolution 4.0, kami menyelenggarakan Techtopia sebagai platform pembelajaran lintas disiplin yang dirancang untuk menjembatani dunia akademik dan kebutuhan industry,” ujar Fredy Purnomo, Direktur Kampus Binus University.
“Melalui Techtopia, kami mempertemukan pelajar, alumni, profesional, dan mitra industri untuk membentuk ekosistem yang saling terhubung. Techtopia mencerminkan komitmen kami dalam menciptakan ruang eksplorasi teknologi dan inovasi bagi generasi muda yang akan menjadi aktor utama dalam ekonomi digital,” jelasnya.
Editor : Ahmad Antoni