get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Raja Salman dan Pangeran MBS

Luhut Diberi Pangeran Arab Saudi Kain Kiswah Dihibahkan ke Masjid Istiqlal

Senin, 04 April 2022 | 21:08 WIB
header img
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyerahkan kain kiswah (Foto : IG Luhut)

 

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan diberi kain kiswah oleh Pangeran Mohammed Bin Salman. Kain kiswah tersebut kemudian dibibahkan Luhut ke Masjid Istiqlal.

Hibah kain kiswah dilakukan Luhut dengan menyambangi Masjid Istiqlal guna bertemu Imam Besar Nasarudin Umar. Luhut mengatakan, dalam pertemuan tersebut, dia banyak berbincang mengenai sejarah Masjid Istiqlal yang kini menjadi ikon masjid di Indonesia. Serta, terowongan penghubung Gereja Katedral dengan Istiqlal yang menjadi simbol persatuan antarumat beragama.

"Terowongan ini bukan hanya sebagai simbol persatuan antarumat beragama, tetapi juga sebagai fasilitator ibadah bagi umat Islam dan umat Kristen," ujar Luhut dalam akun instagramnya @luhut.pandjaitan, Senin (4/4/2022).

Lanjutnya, dia merasa takjub dengan kerja sama pihak Istiqlal dengan cendekiawan dunia. "Selain bekerja sama dengan Universitas Al Azhar Kairo, Istiqlal juga bekerja sama dengan Harvard University di Amerika Serikat lewat program khususnya yaitu kajian perempuan. Ini adalah kerjasama yang pertama kali di dunia," tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, Luhut menjelaskan keakrabannya dengan Pangeran Mohammed Bin Salman di Arab Saudi. Meski menurutnya, keakraban tersebut merupakan bentuk penghormatan Arab Saudi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya menyerahkan kiswah hadiah pemberian dari Arab Saudi yang lalu. Saya merasa tidak pantas menerima hadiah ini karena saya pikir kiswah yang merupakan kain penutup Ka’bah ini adalah milik saudara-saudara muslim saya di Indonesia," ucapnya.

Kendati demikian, Luhut berjanji, apabila kembali bertemu dengan Pangeran Arab tersebut, dia tidak akan sungkan meminta kain kiswah yang lebih besar. Agar mampu menjadi bagian dari sejarah yang terpampang di Masjid Istiqlal.

"Saya katakan kepada Prof Nasar bahwa jika ada umur saya bisa bertemu lagi dengan Pangeran Mohammad Bin Salman, saya akan meminta kiswah yang lebih besar agar bisa dipajang di Masjid Istiqlal," ucapnya.

Luhut memperoleh hadiah kehormatan berupa kunci Mekkah dan potongan kain Ka'bah dari kunjungannya di Arab Saudi. Luhut mengaku cukup akrab dengan Pangeran Mohammed Bin Salman meskipun komunikasi yang dia jalin sedikit banyaknya melalui aplikasi whatsapp.

”Saya mengenal Pangeran Mohammed Bin Salman sudah dua tahun lamanya, komunikasi kami bisa dibilang cukup intens meskipun via WhatsApp saja," ujar Luhut dalam akun instagramnya @luhut.pandjaitan, Minggu (6/3/2022).

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut