get app
inews
Aa Text
Read Next : KAI Geber Diskon Tiket dalam Rangka HUT ke-80, Penumpang Cuma Bayar Tiket 80 Persen Saja

Update Perjalanan KA yang Dibatalkan Imbas Banjir Semarang Rabu Pagi, Ini Daftarnya

Rabu, 29 Oktober 2025 | 06:15 WIB
header img
Ada beberapa perjalanan kereta api yang berubah relasinya serta dibatalkan sementara imbas genangan air di kilometer 2+3 hingga 3+0 pada jalur hulu dan hilir antara Stasiun Alastua – Semarang Tawang. Foto: Istimewa

SEMARANG, iNewsSemarang.id - KAI Daop 4 Semarang menginformasikan pada Rabu pagi (29/10), ada beberapa perjalanan kereta api yang berubah relasinya serta dibatalkan sementara.

Langkah itu dalam rangka mendukung proses normalisasi rangkaian serta penguraian kelambatan perjalanan KA imbas genangan air di kilometer 2+3 hingga 3+0 pada jalur hulu dan hilir antara Stasiun Alastua – Semarang Tawang.

Berikut daftar perjalanan KA yang dibatalkan pada Rabu (29/10) per pukul 05.00 WIB
a. KA 496 Kedung Sepur relasi Semarang Poncol (SMC) – Ngrombo (NBO)
b. KA 495 Kedung Sepur relasi Ngrombo (NBO) – Semarang Poncol (SMC)
c. KA 268 Banyubiru relasi Semarang Tawang (SMT) – Solo Balapan (SLO)
d. KA 267 Banyubiru relasi Solo Balapan (SLO) – Semarang Tawang (SMT)

Daftar KA yang di rubah stasiun awal keberangkatan dan stasiun perhentian akhir  , Rabu (29/10) :
a. KA 261 Blora jaya relasi Cepu-Semarang Poncol menjadi relasi Cepu-Alastua
b. KA 266 Ambarawa Ekspres relasi Semarang Poncol-Surabaya menjadi relasi Alastua-Surabaya

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menjelaskan, pembatalan sejumlah perjalanan tersebut merupakan langkah operasional yang harus dilakukan agar proses normalisasi dan pengaturan lintas dapat berjalan lebih efektif.

“KAI Daop 4 Semarang menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak atas pembatalan perjalanan tersebut. Sebagai bentuk tanggung jawab pelayanan, KAI memberikan pengembalian biaya tiket 100 persen di luar bea pesan bagi pelanggan yang sudah memesan tiket kereta yang dibatalkan tersebut," ujarnya.

Proses pengembalian dapat dilakukan di loket stasiun atau melalui Contact Center 121. Pengajuan klaim dapat dilakukan hingga maksimal H+7 dari tanggal keberangkatan.

KAI mengimbau pelanggan untuk selalu memperbarui informasi perjalanan melalui Contact Center 121, WhatsApp 0811-222-33-121, email [email protected], serta akun media sosial resmi @KAI121 di Instagram, X, dan Facebook yang telah terverifikasi.

Selain itu para petugas KAI di stasiun juga siap melayani para pelanggan yang KA nya terdampak luapan air.

“KAI Daop 4 Semarang sekali lagi memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan para pelanggan. Kami juga berterima kasih atas pengertian dan kesabaran para pelanggan,” ujar Franoto.

Genangan Air Menurun
Sementara itu saat ini tren genangan air di kilometer 2+3 hingga 3+0 pada jalur hulu dan hilir antara Stasiun Alastua – Semarang Tawang sudah menurun. 

Para petugas KAI Daop 4 Semarang terus melakukan pemantauan secara intensif dan melakukan sejumlah upaya normalisasi jalur KA. 

Sejak Selasa (28/10) malam, jalur KA tersebut sudah bisa dilalui KA dengan bantuan lokomotif BB 304 dan CC 300 bantuan dari BTP Kelas 1 Semarang Dirjenka Kemenhub. Sebelumnya jalur KA tidak dapat dilalui karena ketinggian air mencapai batas toleransi sehingga KAI Daop 4 Semarang melakukan rekayasa pola operasi memutar dan batal. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut