Jasindo Goes to Campus di Unnes, Dorong Generasi Muda Siapkan Perlindungan Finansial
SEMARANG, iNewsSemarang.id - Asuransi Jasindo kembali menyapa generasi muda melalui program edukasi dan literasi keuangan “Jasindo Goes to Campus: Insurance for Smarter Risk Management” di Universitas Negeri Semarang (Unnes).
Inisiatif ini menjadi langkah berkelanjutan Jasindo dalam mengenalkan pentingnya pengelolaan risiko serta peran asuransi dalam mendukung ketahanan finansial individu sejak usia muda.
“Melalui kegiatan ini, kami berharap kesadaran mengenai pentingnya perlindungan finansial dapat menjadi bagian dari resolusi generasi muda dalam mempersiapkan langkah yang lebih matang di tahun berikutnya,” jelas Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo, Brellian Gema Widayana, Jumat (12/12).
Melalui pendekatan edukatif yang relevan dengan kebutuhan generasi muda, mahasiswa diajak melihat bahwa perlindungan finansial bukan hanya untuk saat dibutuhkan, tetapi sebagai langkah strategis untuk mengamankan rencana hidup ke depan.
Brellian menambahkan, Jasindo Goes to Campus selalu menegaskan pentingnya memahami asuransi sejak dini yang dapat memberikan banyak manfaat. Mulai dari kemampuan mengelola risiko hingga membangun kestabilan finansial sejak awal karier.
“Asuransi Jasindo hadir tidak hanya sebagai penyedia perlindungan, tetapi juga melalui upaya pemberdayaan pengetahuan. Kepedulian terhadap edukasi literasi keuangan bagi generasi muda menjadi bagian dari pelayanan kami yang bertujuan untuk memastikan setiap individu merasa didampingi dalam menata masa depannya,” ujarnya.
Ke depan, Asuransi Jasindo berkomitmen memperkuat kolaborasi dengan berbagai institusi pendidikan untuk menghadirkan program literasi keuangan yang relevan dan berkelanjutan bagi generasi muda.
“Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat akademis diharapkan bisa menyebarkan informasi akan pentingnya peran asuransi bagi masyarakat untuk mengurangi resiko kerugian yg mungkin akan dialami karena sesuatu hal,” ujar Akademisi Fakultas Ekonomi Bisnis Unnes, Endang Sutrasmawati.
Pentingnya peran mahasiswa dalam mengedukasi masyarakat mengenai asuransi ini menunjukkan bahwa masalah utama bukanlah ketersediaan produk, melainkan pemahaman dan kesadaran publik yang masih rendah.
Oleh karena itu, tantangan berikutnya yang harus dihadapi adalah bagaimana merancang komunikasi yang efektif agar pesan mengenai perlindungan finansial ini dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat, terutama generasi muda yang akan menjadi tulang punggung ekonomi di masa depan.
Editor : Ahmad Antoni