Logo Network
Network

Hasil Leg I Semifinal Liga Champions: Liverpool Menang 2-0 Lawan Villarreal

Andhika Khoirul Huda
.
Kamis, 28 April 2022 | 05:03 WIB
Hasil Leg I Semifinal Liga Champions: Liverpool Menang 2-0 Lawan Villarreal
Liverpool Menang 2-0 Lawan Villarreal di Leg I Semifinal Liga Champions. (Foto: Ist)

LIVERPOOL, iNewsSemarang id - Pada pertandingan leg I semifinal Liga Champions 2021-2022, Liverpool menang 2-0 lawan Villarreal. Laga yang digelar di Stadion Anfield pada Kamis (28/4/2022) dini hari WIB itu berlangsung sengit sejak menit pertama.

Berkat kemenangan ini, satu kaki The Reds –julukan Liverpool– sudah tiba di final Liga Champions 2021-2022. Selanjutnya Villarreal yang gantian menjamu Liverpool di leg II semifinal Liga Champions 2021-2022 pada Rabu, 4 Mei 2022 dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Pada menit-menit awal babak pertama, Liverpool memegang kendali permainan. Mereka menguasai bola dengan nyaman sembari mencoba mencari celah di lini pertahanan Villarreal, yang bermain sangat dalam dan hanya menunggu untuk melakukan serangan balik.

Tujuh menit laga berjalan, The Reds mendapatkan peluang mencetak gol lewat Sadio Mane di mulut gawang The Yelow Submarine –julukan Villarreal- setelah sundulan Ibrahima Konate mengirimkan bola kepadanya. Namun, kontrol bola dari pemain asal Senegal itu terlalu jauh sehingga langsung dibuang Pau Torres.

Empat menit kemudian, Sadio Mane kembali memperoleh kesempatan matang. Sayangnya, dia berlari terlalu cepat untuk menyambut crossing cantik Mohamed Salah sehingga sundulannya tidak sempurna dan melebar di sisi kanan gawang.

Tak lama berselang, gantian Luis Diaz yang mengancam gawang Villarreal. Setelah melakukan aksi individu, dia mendapatkan ruang untuk menembak dari luar kotak penalti namun bola yang dilesatkannya mengarah tepat ke pelukan Geronimo Rulli.

Setelah menit ke-15, The Yellow Submarine mulai bisa keluar dari tekanan Liverpool. Mereka perlahan-lahan mampu mengembangkan permainan meski belum menghasilkan peluang berbahaya.

Pada menit 22, tim tuan rumah lagi-lagi nyaris memecah kebuntuan. Akan tetapi, tendangan voli Jordan Henderson yang menyambar umpan lambung Thiago Alcantara hanya membentur tiang gawang.

Empat menit setelah itu, kerja sama Mane-Salah kembali membuahkan peluang emas bagi The Reds. Sayangnya, sepakan melengkung sang pemain Mesir yang mengakhiri umpan satu-dua mereka, melambung tipis di atas mistar gawang.

Setengah jam pertandingan berlangsung, Diaz mengulangi pergerakannya yang menusuk dari sisi kanan pertahanan The Yellow Submarine. Beruntung bagi tim tamu, Rulli tampil sangat apik dengan menepis tendangan melengkung yang dilesatkan mantan pemain FC Porto itu.

Pada menit 35, akhirnya Villarreal mendapatkan peluang pertama mereka di pertandingan ini lewat Giovani Lo Celso. Namun, sontekan pemain asal Argentina itu yang meneruskan umpan panjang Dani Parejo masih melambung jauh di atas mistar gawang.

Empat menit jelang turun minum, Liverpool tampak sudah frustrasi untuk menembus kukuhnya pertahanan Villarreal. Lalu, Thiago Alcantara pun melepaskan tembakan spekulasi dari jarak yang sangat jauh. Namun sayang, sepakan spektakuler mantan pemain Barcelona itu membentur pojok mistar gawang padahal Rulli sudah tak mampu menjangkaunya.

Setelah itu, The Reds terus menekan pertahanan tim besutan Unai Emery itu. Namun, hingga babak pertama usai skor kacamata masih belum berubah.

Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan masih belum berubah. Liverpool langsung tancap gas dengan mengurung pertahanan Villarreal.

Bahkan, pada menit 49, pasukan Merseyside Merah mampu memecah kebuntuan lewat Fabinho. Namun, pemain asal Brasil itu sudah berdiri dalam posisi offside ketika menerima sundulan Virgil Van Dijk dari situasi sepak pojok.

Terus menekan, akhirnya serangan The Reds berbuah gol pada menit 53. Adalah gol bunuh diri dari Pervis Estupinan yang membawa tim tuan rumah unggul setelah crossing Jordan Henderson mengenai kakinya sehingga bola berubah arah dan mengecoh Rulli.

Dua menit kemudian, Mane membawa Liverpool unggul 2-0. Eks pemain Southampton itu menceploskan bola ke gawang Villarreal dengan sontekan mendatarnya yang memanfaatkan umpan terobosan Salah dengan baik. Pada menit 63, armada Jurgen Klopp berhasil menorehkan gol ketiga mereka pada pertandingan ini lewat Andrew Robertson.

Akan tetapi, lagi-lagi gol mereka dianulir karena bek kiri asal Skotlandia itu berada dalam posisi offside saat menyambar umpan cantik dari Trent Alexander-Arnold. Setelah itu, tim tuan rumah benar-benar mengasai jalannya pertandingan seperti bermain dengan setengah lapangan.

The Yellow Submarine sama sekali tak diberi kesempatan untuk menciptakan peluang. Sepuluh menit jelang waktu normal usai, kombinasi Luis Diaz-Diogo Jota terus mengobrak-abrik lini belakang Villarreal. Liverpool terus berusaha untuk menambah keunggulan pada leg pertama ini.

Akan tetapi, hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada gol lagi yang tercipta. Alhasil, Liverpool mengamankan kemenangan 2-0 atas The Yellow Submarine.

Berikut susunan pemain Liverpool vs Villarreal:

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Thiago; Mohamed Salah, Sadio Mane, Luis Diaz.

VILLARREAL (4-4-2): Geronimo Rulli; Juan Foyth, Raul Albiol, Pau Torres, Pervis Estupinan; Samuel Chukwueze, Dani Parejo, Etienne Capoue, Francis Coquelin; Giovani Lo Celso, Arnaut Danjuma.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini