Logo Network
Network

Format Baru Liga Champions dengan Sistem Swiss, Fase Grup Dihapus

Andhika Khoirul Huda
.
Rabu, 11 Mei 2022 | 08:20 WIB
Format Baru Liga Champions dengan Sistem Swiss, Fase Grup Dihapus
UEFA mengumumkan format baru Liga Champions yang akan mulai diterapkan pada musim 2024/2025.

ZURICH, iNewsSemarang.id – Format baru Liga Champions bakal diterapkan mulai musim 2024/2025. Terdapat beberapa perubahan regulasi sistem pertandingan dalam format baru Liga Champions yang dikenal dengan “Sistem Swiss” ini. Diantaranya fase grup dihapus, di mana sistem pertandingan tidak lagi menggunakan sistem grup dan babak penyisihan lagi.

Dilansir dari laman resmi UEFA, Rabu (11/5/2022), format anyar Liga Champions tersebut bernama ‘Sistem Swiss’. Ada beberapa aturan dan sistem baru yang nantinya akan diterapkan pada kompetisi paling elite antarklub Eropa tersebut.

Pertama, jumlah peserta Liga Champions nantinya akan bertambah empat klub dari aturan sebelumnya. Artinya, akan ada 36 klub yang akan bertanding dari yang biasanya hanya 32 klub saja.

Kemudian, format baru Liga Champions nantinya tidak akan berjalan dengan sistem grup dan babak penyisihan lagi. Namun, Liga Champions akan memakai format liga dimana setiap klub akan melakoni delapan pertandingan yang terbagi menjadi empat laga kandang dan empat laga tandang.

Dari hasil delapan pertandingan masing-masing klub, delapan klub teratas di klasemen otomatis mendapatkan tiket ke babak 16 besar. Lalu, sisa delapan slot lainnya akan diperebutkan oleh tim yang berada di peringkat 9-24 lewat babak play-off yang dimainkan dalam dua leg.

Nah, setelah itu barulah sistem gugur pada babak 16 besar yang sudah berjalan selama ini bakal dilakukan. Setiap tim akan tetap bermain dalam dua leg hingga babak semifinal dan akan bertanding dalam satu leg saja untuk partai puncak.

Dengan format anyar tersebut, maka Liga Champions mulai 2024/2025 akan berjalan lebih panjang dari biasanya. Sebab, setiap tim akan menjalani lebih banyak pertandingan dalam satu musim kompetisi.

Perubahan format itu sendiri memang ditujukan agar setiap tim yang berpartisipasi bisa mendapatkan lebih banyak pemasukan karena memainkan lebih banyak pertandingan.

Namun, pastinya klub-klub tersebut juga harus pintar-pintar mengatur rotasi pemain agar tak kelelahan menghadapi jadwal yang padat, terutama tim-tim asal Liga Inggris.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini