Paulus Waterpauw, Putra Daerah Teman Mendagri di Polri yang Dilantik Pj Gubernur Papua Barat

Donald Karouw
.
Kamis, 12 Mei 2022 | 18:20 WIB
Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Paulus Waterpauw rekan seangkatan Mendagri Tito Karnavian di Polri. Keduanya lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1987. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.idPaulus Waterpauw yang baru saja dilantik menjadi Penjabat Gubernur Papua Barat merupakan purnawirawan Polri dengan pangkat terakhir jenderal bintang tiga. Dia rekan seangkatan Mendagri Tito Karnavian sewaktu aktif di Polri. Keduanya lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1987.

Paulus terakhir menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kemendagri.

Pria asli Papua ini memiliki pengalaman di bidang intelijen dan pernah mengisi posisi sebagai Kabaintelkam Polri.

Karier Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw di Polri juga cukup mentereng. Dia penah menjadi Kapolsek Menteng Jakarta pada tahun 2000. Baru setelah itu dia menjadi Kapolres Mimika (2002), Kapolres Jayapura (2005) dan Kapolda Papua Barat (2014). Paulus bahkan dua kali menjabat sebagai Kapolda Papua, yaitu pada 2015 dan 2019.

Sementara pada tahun 2017, dia sempat menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara. Kemudian tahun 2018, Paulus pernah menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri.

Dia kembali menempati posisi sebagai Kapolda Papua pada September 2019 menggantikan Irjen Rudolf Alberth Rodja dan diangkat menjadi Kabaintelkam Polri dengan pangkat jenderal bintang tiga.

Kini putra asli Papua ini baru saja dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Barat. Dia menggantikan Dominggus Mandacan yang habis masa jabatan. Penunjukkan ini juga mendapat dukungan dari kelompok masyarakat adat Papua.

Editor : Sulhanudin Attar
Bagikan Artikel Ini