Bungkam Filipina 4-0, Timnas U-23 Indonesia Berpeluang ke Semifinal

Ilham Sigit
.
Jum'at, 13 Mei 2022 | 21:51 WIB
Foto: dok. PSSI

PHU THO, iNewsSemarang.id – Tim nasional (timnas) Indonesia U-23 berada di posisi puncak klasemen Grup A usai membantai Filipina dengan kemenangan telak 4-0 pada penyisihan grup di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (13/5/2022).

Kemenangan itu membuka peluang Timnas Garuda melaju ke semifinal cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021. Pasukan Shin Tae-yong mendapatkan tambahan tiga poin dari kemenangan atas Filipina.

Timnas U-23 Indonesia menjadi pemimpin klasemen Grup A dengan mengumpulkan enam poin, menggeser Myanmar juga dengan enam angka. Indonesia memiliki selisih gol +4 sementara Myanmar +2. Myanmar akan bentrok dengan tuan rumah Vietnam, hari ini pukul 19.00 WIB.

Filipina yang mengemas empat angka dari empat lagadi peringkat 3. Sedangkan Vietnam ke peringkat 4 dengan empat poin dari dua laga.

Kans Indonesia untuk melaju ke semifinal semakin terbuka berkat gol Muhammad Ridwan (18’) dan tandukan Rizky Ridho (44’), Egy Maulana Vikri (73’) dan eksekusi penalti Marselino Ferdinan (84’).

Pada babak pertama, berbeda dengan laga sebelumnya kala menahan imbang Vietnam, Filipina memutuskan bermain terbuka pada laga kali ini.

Tim berjuluk Young Azkals kemudian mencuri peluang tembakan tepat sasaran pertama pada meit ketujuh lewat kaki Scott Phillip, namun masih mampu diamankan penjaga gawang Indonesia, Ernando Ari.

Indonesia terlalu banyak kehilangan bola di menit awal. Namun permainan Filipina tidak berkembang karena lini belakang Indonesia begitu solid.

Indonesia mendapat peluang emas pada menit 15. Kecepatan Witan Sulaeman tidak mampu dikejar para pemain Filipuna, namun sayang tembakannya dihalau oleh penjaga gawang Filipina, Quincy Kammeraad.

Muhammad Ridwan berhasil menjawab kepercayaan Shin Tae-yong. Pemain Persik Kediri itu mencetak gol pemecah kebuntuan bagi Indonesia pada menit 18. Umpan Egy Maulana Vikri disambar dengan tembakan keras oleh Ridwan. Indonesia pun unggul 1-0.

Filipina kemudian mengambil inisiatif memberikan ancaman melalui eksekusi sepak pojok. Namun tandukan pemain Filipina tidak ada yang mengarah.

Indonesia kembali mendapat peluang emas pada menit 31. Witan Sulaeman berhasil melewati Quincy Kammeraad, namun penyelesaian akhir Witan terlalu lemah karena salah mengontrol bola, bek Filipina pun dengan mudah menetralkan ancaman tersebut.

Empat menit berselang, peluang emas kembali menghampiri Indonesia. Muhammad Ridwan berada di posisi tidak terkawal. Namun sayang tembakannya malah melebar.

Lima menit helang babak pertama berakhir, Egy Maulana Vikri mendapatkan ruang tembak. Namun tembakannya berhasil ditangkap Quincy Kammeraad

Jelang babak pertama berakhir, Indonesia menambah keunggulan menjadi 2-0 kala tandukan Rizky Ridho merobek gawang Quincy Kammeraad. Indonesia pun membawa keunggulan 2-0 kala turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia tampil lebih nyaman di babak kedua. Terus tampil menekan, peluang Indonesia belum ada yang berbuah gol tambahan hingga menit 60.

Filipina justru mencuri peluang emas untuk memperkecil kedudukan pada menit 58. Beruntung tembakan Jovan Bedic masih membentur mistar gawang.

Filipina kembali mendapat peluang emas pada menit 65. Oliver Bias berada tidak terkawal menerima umpan silang, beruntung penyelesaian akhirnya masih belum maksimal.

Indonesia langsung merespon lewat serangan balik. Namun sayang Marselino Ferdinan gagal mengonversi umpan matang yang diterimanya menjadi gol.

Gol tambahan pun tercipta melalui tembakan keras Egy Maulana Vikri pada menit 73. Irfan Jauhari melihat pergerakan bebas Egy di sisi kanan, kemudian pemain Persija Jakarta itu memberikan umpan matang kepada Egy. Egy langsung menyambar bola tersebut. Skor pun berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Indonesia.

Indonesia kian di atas angin kala Ronaldo Kwateh dijatuhkan Enrique Linares di kotak terlarang pada menit 83. Marselino Ferdinan dengan tenang melaksanakan tugas eksekusi penalti dengan ciamik, skor berubah menjadi 4-0.

Wasit memberikan tiga menit waktu tambahan. Namun tidak ada gol tambahan tercipta hingga laga berakhir.

Susunan pemain

Filipina U-23 (4-5-1): Quincy Julian Kammeraad; Jaynee Kallukaran Solon, Miguel Panccog, Stephen Cabizarez, Jaime Rosquillo; Scott Phillip Woods, Enrique Fernandez, Dennis Chung, Oliver Saludares, Christian Rontini; Jovin Hervas

Pelatih: Norman Fegidero Jr Salo

Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Dewangga, Syahrian; Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Muhammad Ridwan, Egy Maulana Vikri Cadangan: Adi Satrio, Firza, Ilham, Marselino, Irianto, Jauhari, Ronaldo, Rio

Pelatih: Shin Tae-yong

Editor : Sulhanudin Attar
Bagikan Artikel Ini