get app
inews
Aa Read Next : Wahyu Prast dan Adi Satryo Dipanggil STY untuk Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam

Dilanda Perang, Timnas Ukraina Selangkah Lagi Lolos Kualifikasi Piala Dunia Usai Bungkam Skotlandia

Kamis, 02 Juni 2022 | 11:24 WIB
header img
Timnas Ukraina membungkam Skotlandia 3-1 pada playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa di Hampden Park, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB. Foto: Reuters/Lee Smith

GLASGOW, iNewsSemarang.id – Meskipun negaranya sedang dilanda perang dengan Rusia,  Timnas Ukraina tampil membanggakan dalam ajang kompetisi sepakbola dunia. Pasukan Oleksandr Petrakov itu berhasil membungkam Skotlandia 3-1 pada playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa di Hampden Park, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB.

Dengan kemenangan itu, Ukraina selangkah lagi terbang ke Qatar. Namun mereka harus lebih dulu menghadapi Wales di tahap playoff terakhir. Duel ini akan berlangsung pada Minggu (5/6/2022) dini hari WIB.

Pada awal babak pertama Ukraina vs Skotlandia, kedua tim langsung menampilkan permainan jual beli serangan. Ukraina bermain ngotot sejak awal pertandingan, sementara Skotlandia lebih kalem namun punya serangan balik yang merepotkan.

Situasi ini terus terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-15. Kedua tim sama-sama tidak mau mengalah mengingat pentingnya kemenangan dalam laga ini untuk menjaga asa lolos ke Piala Dunia 2022.

Kendati demikian, serangan yang dilancarkan pasukan Oleksandr Petrakov itu terpantau lebih efektif. Secara bergiliran, Andriy Yarmolenko dan Ruslan Malinovskiy membuat repot pertahanan The Tartan Army -julukan Timnas Skotlandia.

Akhirnya, Yarmolenko mampu membuka keunggulan untuk Ukraina melalui sontekan manisnya pada menit ke-33. Usai gol tersebut, Skotlandia terlihat lebih berhati-hati untuk melakukan serangan. Namun, tak ada gol tambahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, empat menit setelah peluit tanda memulai pertandingan dibunyikan, Ukraina menggandakan keunggulan. Adalah Roman Yaremchuk (49’) yang mampu mengelabui Craig Gordon, Ukraina unggul 2-0.

Selepas gol itu, Skotlandia mencoba untuk mencari peruntungan agar bisa mempertipis ketertinggalan. Kendati begitu, serangan mereka terpantau tidak efektif untuk membongkar pertahanan Ukraina.

Namun, berbagai upaya yang terus dilakukan pasukan Steve Clarke itu akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-79, Callum McGregor akhirnya mampu memperkecil keteringgalan menjadi 1-2.

Sayangnya Skotlandia yang terus menyerang tak mampu menyamakan kedudukan. Mereka justru kebobolan lagi usai sontekan Artem Dovbyk (90+5’).

Susunan Pemain Timnas Skotlandia vs Ukraina:

Skotlandia (3-4-1-2): Craig Gordon, Scott McTominay, Grant Hanley, Liam Cooper (Hendry 67’), Aaron Hickey, Billy Gilmour (Armstrong 68’), Callum McGregor, Andy Robertson, John McGinn, Che Adams, Lyndon Dykes (Christie 46’).
Pelatih: Steve Clarke

Ukraina (4-1-4-1): Heorhiy Bushchan, Oleksandr Karavayev, Illya Zabarnyi, Mykola Matvienko, Vitaliy Mykolenko, Taras Stepanenko, Andriy Yarmolenko (Zubkov 8’), Ruslan Malinovskiy (Shaparenko 72’), Oleksandr Zinchenko, Viktor Tsyhankov (Mudryk 72’), Roman Yaremchuk (Dovbyk 78’).
Pelatih: Oleksandr Petrakov

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut