get app
inews
Aa Read Next : Kaesang-Erina Naik Jet Pribadi Mewah, Susi Pudjiastuti: Harganya Bisa Beli 40 Pesawat Susi Air

Tanpa Kuliah 5 Orang Ini Sukses Jadi Tokoh Besar, Dua Jadi Menteri

Selasa, 14 Juni 2022 | 15:07 WIB
header img
Orang Indonesia yang Sukses Tanpa Sekolah Tinggi (Foto: iNews.id)

 

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Tanpa kuliah dan tidak memiliki gelar atau titel, namun 5 orang ini sukses menjadi tokoh besar di negeri ini. Semua itu tak lepas dari perjalanan kisahnya yang sangat menginspirasi. 

Dengan sebuah kerja keras, mereka membuktikan bahwa tidak selamanya gelar atau titel tertentu menjadi tolok ukur untuk mencapai kesuksesan.

Lantas, siapa saja orang Indonesia yang sukses meski tanpa sekolah? Simak ulasannya berikut ini.

Orang Indonesia yang Sukses Tanpa Sekolah Tinggi

1. Bob Sadino

Semasa hidupnya, Bob Sadino dikenal sebagai pengusaha yang pemikirannya banyak menginspirasi banyak orang dalam berbisnis. Bob Sadino lahir dari keluarga yang berkecukupan, dan ia mewarisi seluruh harta kekayaan orang tuanya. 

Meski begitu, Bob Sadino merintis usahanya dari nol, dan bahkan sempat bangkrut. Saat masa-masa sulit tersebut ia menjadi sopir, kuli bangunan hingga berjualan telur. Berkat kerja kerasnya, Bob Sadino berhasil mendirikan sebuah swalayan bernama Kem Chicks. 

2. Susi Pudjiastuti

Sosok Susi Pudjiastuti pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, ini ternyata tidak pernah mengenyam sekolah tinggi.

Ia juga tidak lahir dari keluarga yang kaya. Kesuksesan Susi berawal dari menjadi pengepul ikan hingga akhirnya berhasil mendirikan pabrik pengolahan hasil laut pada tahun 1996. Tak hanya itu, Susi Pudjiastuti juga memiliki maskapai penerbangan Susi Air yang didirikan pada 2004 silam.

3. Adam Malik

Siapa sangka jika Menteri Luar Negeri pertama Indonesia, Adam Malik hanya sebatas lulusan sekolah dasar. Meski begitu, Adam Malik merupakan tokoh nasional yang memiliki peran penting bagi negara Indonesia. 

Diantaranya adalah mempelopori terbentuknya ASEAN tahun 1967. Ia juga merupakan pendiri kantor berita Antara yang berfungsi sebagai sarana penyebaran informasi ke masyarakat.

4. Andy F Noya

Jurnalis senior Andy F Noya juga masuk jajaran orang Indonesia yang sukses tanpa sekolah. Menjabat sebagai Pimpinan Redaksi Metro TV, Andy ternyata belum lulus sarjana. Saat lulus SD Sang Timur di Malang, ia kemudian melanjutkan ke Sekolah Teknik Jayapura.

Meski begitu, sejak kecil Andy sudah menyukai dunia tulis menulis dan memiliki bakat dalam menggambar kartun serta karikatur. Hal inilah yang kemudian membuatnya berhasil di dunia jurnalistik dan tulis menulis yang kini membesarkan namanya. 

5. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja merupakan konglomerat yang menjadi pemilik Sinar Mas.

Meski hanya lulusan sekolah dasar, Eka berhasil membangun Sinar Mas dari bawah hingga menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia.

Sebelum sukses seperti saat ini, Eka pernah melakukan pekerjaan serabutan seperti menjadi pedagang keliling hingga kontraktor pembuat kuburan.

Nah, itulah lima orang Indonesia yang sukses tanpa sekolah. Semoga kisah mereka bisa menjadi motivasi dan menginspirasi kita.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut