Rekomendasi 7 Obat Alami untuk Ibu Menyusui

Dian Awaliyah
Ilustrasi menyusui.(Foto:Ist)

MENYUSUI menjadi salah satu fase penting seorang ibu dalam merawat anak. Segala hal yang masuk ke tubuh ibu harus diperhatikan karena akan berdampak juga kepada anak, tak terkecuali obat-obatan yang dikonsumsi.

Obat yang masuk ke tubuh ibu harus diperhatikan karena ditakutkan memiliki kandungan yang berbahaya untu ASI-nya. Namun, ada alternatif lain yang dapat dikonsumsi ibu menyusui (busui), seperti penggunaan bahan-bahan alami.

Berikut rekomendasi obat berbahan alami yang aman untuk ibu menyusui:

1. Lemon dan Madu
Ramuan lemon dan madu memang diketahui dapat membantu melegakan sakit tenggorokan. Caranya cukup mudah, cukup campurkan dua sendok teh lemon dan madu lalu seduh dengan air panas. Tunggu sampai air sedikit menghangat, lalu minuman siap dinikmati.

2. Air Hangat 
Dilansir dari laman halodoc.com, meminum air hangat ketika flu dapat membuat gejala tidak nyaman yang disebabkan oleh flu mereda. Air Hangat cukup rutin diminum selama terserang flu agar cairan pada tubuh tetap terjaga.

3. Bawang Putih
Tak hanya sebagai penyedap makanan, Bawang putih ternyata dapat menjadi obat batuk yang aman untuk ibu menyusui. Kandungan anti oksidan yang terdapat pada bawang putih dapat menjadi antibakteri dan antivirus alami.

Cara mengkonsumsinya juga cukup mudah, cukup makan mentah setelah dicuci bersih. Atau dapat juga dicincang halus lalu campurkan dengan segelas air hangat untuk diseduh.

4. Pisang
Kandungan magnesium dan potasium pada pisang dipercaya dapat menyembuhkan sakit kepala. Tidak memiliki senyawa berbahaya, pisang cocok dikonsumsi busui sebagai obat sakit kepala alami.

Selain pisang, sayuran hijau seperti brokoli, kacang-kacangan atau olahan susu dan coklat juga memiliki kandungan magnesium yang dapat menjadi opsi lain obat sakit kepala busui.

5. Minyak Kelapa
Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan antivirus yang dapat memerangi virus dan bakteri pada asma, flu, infeksi paru-paru, campak, dan sinus. Anda bisa konsumsi satu sampai dua sendok minyak kelapa untuk mendapatkan manfaatnya. 

6. Teh Chamomile
Teh chamomile bagus untuk mengatasi batuk kering. Teh ini dapat mengurangi iritasi dan nyeri tenggorokan saat batuk pilek. Penggunaannya sendiri bisa langsung diminum atau dikumur. 

7. Yoghurt atau Kefir
Bakteri hidup yang terkandung dalam Yoghurt atau Kefir ternyata dapat menjadi probiotik alami yang dapat mengatasi masalah pencernaan pada busui, seperti diare.

Namun, konsumsi Yogurt atau kefir harus yang memiliki kadar gula rendah, karena makanan tinggi gula dapat memperburuk gejala diare.

(Mg-Awal)

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network