5 Cara Alami Hilangkan Biduran

Hanna Ratih Aninditya
5 Cara Alami Hilangkan Biduran. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Biduran atau urtikaria adalah benjolan atau ruam-ruam merah yang tiba-tiba muncul tanpa disadari. Biduran dapat muncul di bagian tubuh mana pun dan menimbulkan rasa gatal

Gatal-gatal yang disebabkan oleh biduranl sering terlihat dalam jumlah banyak dan ukurannya besar, tetapi tidak sama satu sama lain. Kondisi ini dapat diobati di rumah atau menggunakan obat-obatan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan biduran secara alami.

Berikut ini cara menghilangkan biduran secara alami:

1. Es batu

Hindari mengompres biduran dengan kompres hangat. Selain meningkatkan rasa gatal , kompres panas meningkatkan risiko iritasi kulit. Gunakan es batu yang dibungkus kain dan oleskan kompres dingin ke biduran untuk mengurangi gejalanya.

 2. Lidah buaya

Merupakan bahan alami yang memiliki senyawa anti-inflamasi yang sangat efektif untuk mengobati biduran. Gunakan daging lidah buaya dan oleskan langsung ke kulit di mana biduran terpapar. Lakukan secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Oatmeal

Gunakan oatmeal untuk mengobati gatal-gatal akibat biduran. Caranya, Anda bisa menggunakan oatmeal sebagai masker tubuh ketika mandi. Gosok perlahan campuran oatmeal dan air di atas biduran. 

Sifat anti-inflamasi dalam oatmeal membantu mengurangi rasa gatal. Pastikan Anda membasuh tubuh dengan air yang tidak terlalu panas karena akan menambah rasa gatal pada kulit kembali.

4. Minyak kelapa

Anda bisa mencoba mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang gatal dan bengkak akibat biduranl. minyak kelapa digunakan secara efektif untuk mengobati biduran karena sifat pelembab dan antibakterinya.

5. Menghindari alergen

Biduran paling sering terjadi dikarenakan ada kontak dengan alergen maupun iritan, seperti serbuk sari tanaman, bulu hewan, gigitan serangga, zat kimia makanan, reaksi obat, stres, perubahan suhu, dan banyak lagi.

Khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat alergi, sudah seharusnya menghindari segala macam bentuk hal-hal yang berpotensi membuat penyakit ini kambuh.

Selain itu perhatikan juga asupan makanan dan minuman sehari-hari seperti menghindari telur, kacang-kacangan, ikan, atau susu.

Kenali gejala dan jenisnya

Gejala utama biduran, yaitu munculnya benjolan merah pada kulit. Biduran disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap alergen, yang melepaskan histamin dan bahan kimia lainnya dari kulit.

Kondisi ini menyebabkan pembengkakan dan cairan menumpuk di kulit yang menyebabkan pembengkakan terlihat pada ruam. Biduran sering terjadi pada tangan dan kaki.  

Biduran dibagi menjadi dua jenis yaitu gatal-gatal akut dan kronis. Biduran akut muncul tiba-tiba, tetapi dapat hilang dengan sendirinya atau dengan perawatan sendiri di rumah.  

Biduran kronis sering terjadi dan berlangsung lama. Biduran kronis memerlukan perawatan medis untuk meredakan gejala.

Selain pengobatan, penyebabnya juga berbeda. Biduran kronis umumnya disebabkan oleh jenis obat tertentu, parasit, lingkungan yang terlalu dingin atau terlalu panas, dan tingkat stres yang tinggi. Gatal-gatal akut disebabkan oleh serbuk sari tanaman, gigitan serangga, dan alergi makanan tertentu.

Tips untuk mencegah gatal-gatal

Hindari pemicu yang diketahui. Jika mengetahui hal-hal yang memicu gatal-gatal, sebaiknya menghindari obat-obatan, suhu, atau zat yang dapat memicunya.

Mandi dan ganti baju. Mandi dan ganti pakaian ketika Anda merasa telah terkena alergi gatal-gatal.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network