Menkes Sebut Obat Penawar Gagal Ginjal Akut pada Anak Bakal Tiba di Indonesia Hari Ini

Kevi Laras
Menkes, Budi Gunadi Sadikin sebut antidot gangguan ginjal akut pada anak tiba di Indonesia hari ini, Minggu (23/10/2022). Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebutkan obat penawar atau antidot gangguan ginjal akut yang menyerang anak akan tiba di Indonesia hari ini, Minggu (23/10/2022). Antidot tersebut bernama Fomepizole yang didatangkan langsung dari Singapura dan Australia.

Menkes mengungkap antidot Fomepizole yang didatangkan hari ini berjumlah 26 vial yaitu 10 vial dari Singapura dan 16 dari Australia yang didatangkan melalui proses hand carry. 

Sementara hand carry merupakan jasa pengiriman barang dengan menitipkan barang jenis lain secara bersama-sama dalam bagasi. Budi pun menambahkan bahwa antidot Fomepizole ini merupakan obat langka sehingga membutuhkan upaya tertentu untuk mendatangkannya. 

"Hari ini dibawa lewat pesawat ada orang yang bawa. Kita dapat dari Singapura 10, Australia 16, jadi 26 ya," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, Minggu (23/10/2022).

Budi menyebut kedatangan antidot Fomepizole itu merupakan bantuan dari Menteri Kesehatan Singapura dan Australia. Budi mengaku sudah melakukan komunikasi dengan keduanya sehingga bisa mendapatkannya. 

"Obat ini masih langka ya jadi mesti dibantu, saya telepon Menkes Singapura dan Australia langsung," tuturnya.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network